Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Permohonan Paspor Berbasis Elektronik (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri)

Main Authors: Nugroho, Novan Dwi, Dr. Drs. Siswidiyanto, MS., Martina Purwaning Diah, S.AP., M.AP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192996/1/0520030179-%20Novan%20Dwi%20Nugroho.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192996/
Daftar Isi:
  • Pelayanan publik yang optimal telah menjadi harapan dan tuntutan masyarakat. Pemerintah harus mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Kantor Imigrasi Kediri sebagai instansi yang bertanggung jawab atas dokumen perjalanan (paspor), telah menerapkan pelayanan berbasis elektronik dalam pelayanan permohonan paspor. Hal ini terlihat pada penggunaan sistem dan media elektronik pada alat kantor dalam pelayanan. Pendaftaran antrean pelayanan juga secara online menggunakan aplikasi. Akan tetapi, masih terdapat masalah-masalah yang membuat pelayanan berbasis elektronik ini kurang terimplementasikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan, yaitu: 1) Prosedur dan proses pelayanan paspor, 2) Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan paspor, 3) Faktor penghambat dan pendukung pelayanan paspor, dan 4) Upaya peningkatan pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kombinasi (mixed methods) dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, survei (kuesioner), dan dokumentasi. Pembuatan kuesioner berdasarkan Permenpan No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Analisis data menggunakan teknik analisis yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana.