Pengaruh Lifestyle Dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Hias Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Sidoarjo, Kecamatan Sidoarjo

Main Authors: Aliefia, Shafira, Wiwit Widyawati, SP., MP., Dr. Sujarwo,, SP., MP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192905/1/Shafira%20Aliefia.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192905/
Daftar Isi:
  • Akibat kebijakan pandemi Covid-19 dalam mengurangi mobilitas diluar rumah, menyebabkan meningkatnya tren baru. Masyarakat yang kini lebih sering berada dan menghabiskan waktunya di rumah, mulai memiliki hobi atau kegiatan baru untuk untuk mengisi waktu luang salah satunya adalah dengan berkebun dan mengoleksi tanaman hias. Akibatnya tercipta tren tanaman hias di masa pandemi ini. Adapun jenis tanaman hias yang sedang tren saat ini adalah tanaman hias daun, salah satunya adalah Aglaonema. Tanaman ini dianggap menarik karena memiliki warna mencolok, corak, dan bentuk daun yang menarik. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan gaya hidup dan pengaruh satu sama lain pada masyarakat yang erat kaitannya dengan perilaku konsumen. Terdapat beberapa faktor juga yang memengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian meliputi faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lifestyle dan social influence terhadap keputusan pembelian tanaman hias di Kota Sidoarjo. Karakteristik konsumen tanaman hias aglaonema di Sidoarjo dilihat berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan tingkat pendapatan. Penentuan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu di Kota Sidoarjo. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan 100 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan statistic dengan SEM- PLS. Berdasarkan hasil Penelitian nilai t-statistik untuk hubungan antara lifestyle terhadap keputusan pembelian sebesar 10,396 dengan probabilitas sebesar 0,000. Sedangkan untuk nilai t-statistik hubungan antara social influence terhadap keputusan pembelian sebesar 2,037 dengan probabilitas sebesar 0,044. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa t-statistik ≥1,96 dan nilai probabilitasnya ≤0,05 (α=5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa lifestyle dan social influence secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ii tanaman hias di Kota Sidoarjo. Adapun dari kedua variabel tersebut yang paling dominan adalah variabel lifestyle