Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Smartphone Untuk Meningkatkan Kinerja Usaha Pada Pedagang Mlijo (Studi Kasus Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

Main Authors: Lubis, Rizki Sa’diyah, Bayu Adi Kusuma,, SP., M.BA, Alia Fibrianingtyas,, SP., MP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192888/1/Rizki%20Sa%60diyah%20Lubis.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192888/
Daftar Isi:
  • Di bidang perdagangan teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkatkan kinerja usaha seperti memasarkan produk, media berkomunikasi dengan konsumen, media informasi terkait kualitas produk, media yang dapat memperluas area pemasaran, dan sebagai media informasi terkait harga komoditi. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi memiliki pengaruh positif bagi pedagang mlijo apabila dimanfaatkan dengan baik dan tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berbasis smartphone untuk meningkatkan kinerja usaha pada pedagang mlijo yang dilakukan di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis smartphone untuk meningkatkan kinerja usaha pada pedagang mlijo, 2) Mendeskripsikan pedagang mlijo dalam memanfaatkan aplikasi smartphone untuk meningkatkan kinerja usaha, 3) Mendeskripsikan dampak pememanfaatan aplikasi smartphone untuk meningkatkan kinerja usaha pada pedagang mlijo, 4) Mendeskripsikan upaya pedagang mlijodalam menghadapi kendala ketika memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis smartphone untuk meningkatkan kinerja usaha. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah eksploratif dan desain penelitian menggunakan studi kasus. Penelitian dilakukan di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang pada bulan september – oktober 2021. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak sembilan informan, yaitu tiga informan yang diambil dari pedagang mlijo keliling, tiga informan yang diambil dari pedagang mlijo yang berjualan di pasar, dan tiga informan yang diambil dari pedagang mlijo yang berjualan di sebuah toko. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teori, triangulasi Sumber dan triangulasi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis smartphone untuk meningkatkan kinerja usaha pada pedagang mlijo. Aplikasi smartphone yang digunakan pedagang mlijo, yaitu berupa aplikasi media sosial, aplikasi e-commerce, aplikasi web browser dan aplikasi Video streaming. 2) pedagang mlijo dalam memanfaatkan aplikasi smartphone untuk meningkatkan kinerja usaha. Manfaat yang dirasakan, yaitu terjalin komunikasi dengan konsumen, terjalin komunikasi dengan pemasok sayur dan bermanfaat dalam memberikan informasi terkait pemasaran sayur. 3) dampak pememanfaatan aplikasi smartphone untuk meningkatkan kinerja usaha pada pedagang mlijo. Dampak yang diberikan ialah konsumen menjadi konsumen tetap. Selain itu, berdampak dalam mendapatkan konsumen baru, meningkatkan penjualan dan berdampak vii untuk memperluas area pemasaran. 4) Terdapat kendala ketika memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis smartphone, pada pedagang mlijo keliling, pasar, dan toko memiliki kendala yang sama ketika memanfaatkan teknologi smartphone, yaitu koneksi jaringan dan kurang paham dalam memanfaatkan teknologi smartphone dan upaya yang dilakukan ketika menghadapi kendala tersebut ialah menggunakan aplikasi telepon, berpindah tempat mencari jaringan yang bagus, menuggu jaringan bagus dan mencari seseorang yang memiliki pemahaman terkait kendala yang dihadapi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan pedagang mlijo lebih banyak menggunakan aplikasi media sosial untuk meningkatkan kinerja usaha. Pemahaman terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berbasis smartphone sebaiknya lebih ditingkatkan dengan cara meminta bantuan kepada seseorang yang paham terkait pemanfaatan teknologi smartphone