Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Beras Organik Tani Mulyo 1 Di Kabupaten Karanganyar

Main Authors: Mustofa, Risma Meinawati, Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., MP, Imaniar Ilmi Pariasa,, SP., MP., M.BA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192882/1/Risma%20Meinawati%20Mustofa.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192882/
Daftar Isi:
  • Pola hidup sehat memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan setiap individu. Peningkatan kesadaran individu dalam pola hidup sehat ini, mendorong kenaikan permintaan masyarakat pada sumber pangan sehat, salah satunya beras organik. Semakin meningkatnya konsumsi beras organik, maka akan mengakibatkan peningkatan jumlah produk sejenis yang dapat memicu persaingan yang ketat pada produk beras organik. Kelompok Tani Mulyo 1 merupakan salah satu produsen beras organik di Kabupaten Karanganyar. Permasalah yang dihadapi Tani Mulyo 1 yaitu menurunnya tingkat permintaan dan persaingan dengan produk sejenis. Maka dari itu, perlu dilakukan perumusan strategi supaya produsen Beras Organik Tani Mulyo 1 di masa yag akan datang dapat berkembang serta mampu berkompetisi dengan kompetitornya. Penentuan strategi pemasaran dapat dipengaruhi oleh adanya peningkatan atribut produk, yang dijadikan sebagai pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian seperti persepsi kualitas produk, citra merek, dan harga. Penelitian ini dilakukan di Tani Mulyo 1 Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Pada penelitian ini terdapat 4 variabel yaitu variabel kualitas produk (X1), citra merek (X2), harga (X3), dan keputusan pembelian (Y) yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Pemilihan repsonden menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Penelitian ini menggunakan data primer (wawancara dan kuesioner) dan data sekunder. Pengujian instrumen pada penelitian ini yaitu dengan uji validitas dan uji reabilitas. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Alat analisis yang digunakan yaitu software SPSS ver 25. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk, citra merek, dan harga secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian produk Beras Organik Tani Mulyo 1. Pada variabel kualitas produk dan harga secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan pada variabel kualitas produk dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,123 dengan t tabel sebesar 2,011, karena t hitung lebih besar dari t tabel (2,123 > 2,011) maka variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan dan pada variabel harga dibuktikan dengan hasil uji t yang diperoleh sebesar 2,080 dengan t tabel sebesar 2,011, karena t hitung lebih besar dari t tabel (2,080 > 2,011) maka variabel harga berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan pada variabel citra merek didapat hasil pada uji t pada t hitung sebesar 0,938 dengan t tabel sebesar 2,011, karena t hitung lebih kecil dari t tabel (0,938 < 2,011) maka variabel citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian Beras Organik Tani Mulyo 1. Variabel yang berpengaruh paling tinggi terhadap keputusan pembelian Beras Organik Tani Mulyo 1 ialah kualitas produk. Hal ini berarti bahwa kualitas produk menjadi pertimbangan utama konsumen dalam mendorong serta mempengaruhi keputusan pembelian produk Beras Organik Tani Mulyo 1