Analisis Pengaruh Aktivitas Iklan Berbayar Dan Aktivitas Posting Pada Instagram Terhadap Penjualan Produk Mola Kuaci Kupas (Studi Kasus Pada Distributor Resmi Mola Kuaci Kupas Cv. Swasembada Cinta Utama)
Main Authors: | Trisila, Ria Intan, Prof. Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS, Dr. Fadli Mulyadi,, SP., MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192859/1/Ria%20Intan%20Trisila.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192859/ |
Daftar Isi:
- Produk Mola Kuaci Kupas adalah produk baru yang dimiliki oleh distributor CV. Swasembada Cinta Utama. Perusahaan berusaha melakukan pemasaran dengan menggunakan promosi pada iklan berbayar dan postingan pada instagram untuk meningkatkan penjualan produk Mola Kuaci Kupas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari iklan berberbayar instagram terhadap penjualan penjualan produk Mola Kuaci Kupas. Penelitian yang dilakukan di CV. Swasembada Cinta Utama menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan data penjualan produk, data aktivitas iklan dan data aktivitas postingan pada tahun 2019 – 2020. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan regresi linier berganda untuk melihat pengaruh dari iklan terhadap penjualan produk pada tahun 2019 – 2020. Perusahaan melakukan promosi dengan menggunakan iklan berbayar dan postingan pada instagram yaitu lebih mudah untuk digunakan, lebih hemat dari segi waktu, tenaga dan promosi langsung menuju targeting yang dituju. Adapun proses pembuatan iklan pada instagram dimulai dengan pembuatan konten sebagai sarana promosi dan melakukan step by step proses pembuatan iklan yang ada pada platform instagram. Mulai dari tujuan pembuatan iklan sampai menunggu acc dari pihak instagram dan berakhir pada pembayaran yang harus menggunakan credit card. Setelah melakukan step by step pembuatan iklan maka iklan akan muncul pada beranda akun pengguna instagram yang sesuai dengan targeting yang telah dibuat oleh perusahaan. Hasil penelitian pada Uji T pada variabel aktivitas iklan ditemukan bahwa variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan, sedangkan variabel aktivitas iklan berpengaruh signifikan. Pada Uji F diketahui bahwa kedua kolaborasi variabel tersebut memiliki pengaruh simultan terhadap penjualan produk. Untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel aktivitas iklan dan variabel postingan pada Instagram menggunakan Uji koefisien determinasi , dimana pada uji tersebut mendapatkan nilai sebesar 0, 962 atau 96,2%. Hasil nilai tersebut memiliki arti bahwa pengaruh dari iklan dan postingan terhadap penjualan mola kuaci kupas sebesar 96,2%