Analisis Model Bisnis Pada Agroedukasi Caping Merapi Dalam Upaya Adaptasi Masa Pandemi Covid – 19
Main Authors: | Winaningrum, Radianti Aqmarina, Dr. Ir. Agustina Shinta, Hw., MP,, Neza Fadia Rayesa,, S.TP., M.Sc |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192851/1/Radianti%20Aqmarina%20Winaningrum.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192851/ |
Daftar Isi:
- Setiap pelaku bisnis wajib mempunyai strateginya masing-masing dalam upaya menarik perhatian konsumen. Apabila strategi yang diterapkan tepat maka perusahaan tersebut akan cepat beradaptasi dan tanggap dalam menyelesaikan masalah perusahaan yang mengalami perubahan kondisi. Pandemi Covid-19 ini tidak hanya mengancam sektor kesehatan, tetapi semua sektor juga terancam di seluruh dunia. Adapun salah satu destinasi wisata yang terdampak adalah Agroedukasi Caping Merapi. Agroedukasi Caping Merapi merancang model bisnis menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang lebih terstruktur dalam upaya adaptasi perubahan kondisi yang terjadi ditengah masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan merancang model bisnis menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang lebih terstruktur serta untuk mengetahui strategi alternatif yang bisa diterapkan di Agroedukasi Caping Merapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik penentuan informan menggunakan pendekatan non-probability sampling. Informan dalam penelitian ini yang terdiri dari pemilik Agroedukasi Caping Merapi dan 5 orang pengurus Caping Merapi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif BMC kemudian di evaluasi menggunakan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan gambaran Business Model Canvas (BMC) pada Agroedukasi Caping Merapi. Apabila ditinjau dari aspek-aspek Business Model Canvas (BMC) yang dianalisis dengan Matriks IFE dan EFE menghasilkan Matriks IE pada Agroedukasi Caping Merapi saat ini adalah pada tahap tumbuh dan kembangkan (growth and build). Agroedukasi Caping Merapi memiliki posisi kuadran I pada digram SWOT dimana strategi alternatif yang tepat dan dapat diterapkan oleh Agroedukasi Caping Merapi sebagai upaya bertahan di masa Pandemi Covid-19 adalah strategi S-O. Strategi S-O meliputi memperluas cangkupan pasar untuk produk dan jasa yang dimiliki dengan melakukan kerjasama dan memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk menarik perhatian konsumen dengan melakukan inovasi-inovasi terhadap produk dan jasa yang ditawarkan