Peran Brand Satisfaction dan Brand Love sebagai Mediasi Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Pengguna Kosmetik Wardah di Kota Malang)
Main Author: | Shanti, Mardhatillah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192837/1/TESIS%20Mardhatillah%20Shanti.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192837/ |
Daftar Isi:
- Industri kosmetik merupakan salah satu industri yang sedang tumbuh pesat di era modern saat ini dan berperan besar sebagai penggerak utama perekonomian Indonesia. Fenomena tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan konsumen terhadap kosmetik semakin tinggi. Penjualan produk lokal semakin bertambah, namun masih banyak konsumen yang menyukai produk kosmetik impor. Kondisi ini menyebabkan industri kosmetik lokal perlu menemukan cara untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap merek kosmetik lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap suatu merek kosmetik, untuk itu peneliti menggunakan konsumen Wardah di Kota Malang sebagai obyek penelitian. Sebanyak 160 responden diperoleh menggunakan pendekatan nonprobability dengan teknik purposive sampling. Data tersebut dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dianalisis menggunakan alat analisis Partial Least Square dan diukur menggunakan skala likert. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah: brand experience, brand satisfaction, brand love dan brand loyalty. Hubungan antar variabel dalam penelitian ini dibangun berdasarkan Model Kognisi, Afeksi dan Perilaku. Hasil penelitian ini menemukan bahwa brand experience tidak berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Selain itu, brand satisfaction dan brand love ditemukan berperan sebagai mediasi penuh pada pengaruh brand experience terhadap brand loyalty.