Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

Main Authors: Rachmattari, Nadyah, Drs. Achmad Husaini, M.AB
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192792/1/0520030168-%20Nadyah%20Rachmattari.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192792/
Daftar Isi:
  • Nilai perusahaan merupakan persepsi publik terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang tercermin dari harga saham perusahaan di pasar. Nilai perusahaan yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam keadaan yang potensial sehingga perusahaan dinilai mampu memberikan kemakmuran bagi pemegang saham dan mampu menciptakan laba yang maksimal bagi investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015- 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Penelitian ini menggunakan metode Explanatory Research. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu Ukuran Perusahaan dengan proksi Total Asset, Leverage dengan proksi Debt to Equity Ratio (DER), Profitabilitas dengan proksi Return On Equity (ROE). Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu Nilai Perusahaan dengan proksi Price Book Value (PBV). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Total Asset, Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan secara silmultan terhadap Nilai Perusahaan. Secara parsial Total Asset dan Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) tidak perpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan.