Pengaruh Citra Toko Terhadap Kepuasan Toko Dan Loyalitas Toko Pada Kedai Kopi Kcc Kota Malang
Main Authors: | Maulana, Muhammad Zulfikri, Prof. Dr. Ir. Djoko Koestiono,, MS., Novi Haryati,, SP., MP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192776/1/MUHAMMAD%20ZULFIKRI%20MAULANA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192776/ |
Daftar Isi:
- Pesatnya pertumbuhan jumlah kedai kopi yang ada di Kota Malang menyebabkan persaingan bisnis kedai kopi semakin ketat. Oleh karena itu, pengelola kedai kopi harus melakukan berbagai upaya untuk memenangkan persaingan tersebut. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan bisnis adalah dengan cara menciptakan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen dapat terbentuk melalui kepuasan pelanggan setelah melakukan pembelian dan penggunaan barang/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Sementara itu, kepuasan pelanggan dapat tercapai dengan cara menciptakan citra toko (Store Image) yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Hal tersebut menunjukkan jika Store Image secara tidak langsung dapat mepengaruhi loyalitas konsumen terhadap toko melalui Store Satisfaction. Penelitian ini bertujuan untuk Mengukur store image,store satisfaction, dan store loyalty pada KCC, mendeskripsikan persepsi konsumen mengenai variabel Store Image KCC, menganalisis pengaruh Store Image terhadap Store Satisfaction dan Store Loyalty, menganalisis pengaruh Store Satisfaction terhadap Store Loyalty, serta menganalisis pengaruh Store Image terhadap Store Loyalty dengan Store Satisfaction sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada kedai kopi KCC, Kota Malang pada bulan Juli- Agustus 2021. Sampel yang digunakan adalah konsumen dari KCC yang telah mengunjungi dan melakukan pembelian produk pada KCC minimal sebanyak 2 kali sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan kegiatan wawancara langsung dengan pemilik kedai kopi KCC, memberikan rangkaian pertanyaan yang disebarkan melalui kuesioner (Google form) secara daring, dan dengan melakukan observasi secara langsung yang bertujuan untuk dapat mengetahui keadaan toko sebenarnya yang berkaitan dengan dimensi store image. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu analisis deskriptif yang digunakan untuk menggambarkan data dari hasil penelitian serta analisis menggunakan metode SEM-PLS dengan software WarpPLS 7.0 untuk mengolah data. Hasil analisis menunjukkan variabel store image, store satisfaction, dan store loyalty berada dalam kategori baik dikarenakan memiliki nilai rata-rata berada pada rentang 4,07 sampai dengan 4,38. Variabel store image memiliki nilai rata-rata paling rendah dibanding nilai rata-rata variabel lainnya. Hal tersebut dapat disebabkan oleh adanya keluhan dari responden terkait atribut dari citra toko kedai kopi KCC, variabel Store Image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Store Satisfaction dan Store Loyalty yang ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,709 dan 0,367 dengan p-value masing-masing sebesar <0,001 dan 0,002. Variabel Store Satisfaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Store Loyalty yang ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,358 dengan p-value sebesar 0,003. Selain itu, variabel Store Satisfaction terbukti menjadi variabel mediasi antara variabel Store Image dan Store ii Loyalty yang memiliki pengaruh positif dan signifikan yang, ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,254 dan p-value sebesar 0,004. Saran yang dapat diberikan kepada pihak pengelola KCC adalah untuk dapat memperbaiki indikator Store Image khususnya pada indikator store atmosphere dan convenience facility seperti menambahkan pencahayaan di area lantai dua, memperbaiki sirkulasi udara di area lantai dua, memperbaiki meja dan kursi yang sudah tidak dalam kondisi prima, menyediakan tempat beribadah (musholla) dan meletakkan logo pada area yang mudah untuk dilihat konsumen. Selain itu, saran yang dapat diberikan bagi akademisi diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber data dalam penelitian selanjutnya dan peneliti juga dapat mengembangakn penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang dianggap berpengaruh dan dapat menambah jumlah responden ataupun menambah jumlah indikator tiap variabel dengan tetap memperhatikan teori dan data empiris