Analisis Pengaruh Ekspektasi Usaha Penggunaan Social Media Marketing Terhadap Pembelajaran Organisasi, Inovasi Pemasaran, Dan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UKM Keripik Di Malang)

Main Author: Prayudanti, Adhania Andika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192772/1/ADHANIA%20ANDIKA%20PRAYUDANTI.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192772/
Daftar Isi:
  • Social media marketing memberikan banyak manfaat untuk UKM seperti meningkatkan popularitas merk produk, sebagai sarana komunikasi, meningkatkan penjualan, dan sarana untuk berbagi informasi mengenai bisnis. Ekspektasi usaha penggunaan social media marketing dapat berpengaruh terhadap penguasaan dan pengoptimalan social media marketing pada UKM. Pembelajaran organisasi terhadap social media marketing merupakan proses yang memungkinkan organisasi untuk merespon cara pemasaran yang baru dengan menciptakan lingkungan kerja yang inovatif dan konsekuen terhadap peningkatan kinerja usaha dan keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh ekspektasi usaha penggunaan social media marketing terhadap pembelajaran organisasi dan bagaimana pengaruh mediasi inovasi pemasaran terhadap pembelajaran organisasi dengan kinerja pemasaran. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik UKM keripik di Malang yang telah menggunakan social media marketing dalam menjalankan usahanya. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dan dianalisis menggunakan PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi usaha penggunaan social media marketing berpengaruh terhadap pembelajaran organisasi. Pembelajaran organisasi berpengaruh signifikan terhadap inovasi pemasaran tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hal tersebut dapat disebabkan karena inovasi pemasaran merupakan faktor determinan keberhasilan proses pembelajaran organisasi terhadap social media marketing untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pemasaran memediasi pembelajaran organisasi dengan kinerja pemasaran