Pengaruh Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja UKM Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk (Studi pada Sentra UKM Meubel Kecamatan Gading Rejo, Kota Pasuruan)
Main Authors: | Shofyan, Mukhammad, Muhammad Iqbal, S.Sos., MIB, DBA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192770/1/0520030160-%20Mukhammad%20Shofyan.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192770/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh Manajemen Pengetahuan terhadap Kinerja UKM (2) menjelaskan pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja UKM (3) menjelaskan pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja UKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Manajemen Pengetahuan, Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kinerja UKM. Populasi dalam penelitian ini adalah Owner (pemilik) UKM Mebel Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dengan menggunakan purpossive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis Jalur (Path Analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan SMART PLS 3 for Windows dan SPSS 25 for Windows. Hasil uji Path Analysis menunjukkan bahwa variabel Manajemen Pengetahuan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UKM (Y), Variabel Orientasi Pasar (X2) pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UKM (Y), dan Variabel Inovasi Produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UKM (Y).