Pengaruh Motivasi dan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisatawan Nusantara di Kebun Raya Bogor)
Main Authors: | Saputra, Muhammad Hafizh, Aulia Luqman Aziz, SS., S.Pd., M.Pd |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192740/1/0520030154-%20Muhammad%20Hafizh%20Saputra.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192740/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dimana Kota Bogor dipadati wisatawan hanya pada saat akhir pekan atau libur panjang. Selain itu, terdapat penurunan jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Kebun Raya Bogor pada tahun 2019 yang memiliki keterkaitan dengan motivasi wisatawan dalam membuat keputusan berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Selain motivasi wisatawan berkunjung, atribut bauran pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Kebun Raya Bogor dalam memasarkan Kebun Raya Bogor sebagai daya tarik wisata unggulan di Kota Bogor dan sebagai ikon pariwisata Kota Bogor memiliki pengaruh terhadap kunjungan wisatawan dengan tujuan untuk meningkatkan atau mempertahankan jumlah kunjungan wisatawan dan menghindari terjadinya penurunan jumlah wisatawan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian adalah Kebun Raya Bogor yang terletak di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor selama satu tahun terakhir dengan menggunakan tingkat kunjungan wisatawan nusantara ke Kebun Raya Bogor pada tahun 2019 sebanyak 1.089.935 wisatawan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah survei secara online dengan nama link; bit.ly/SkripsiBapis menggunakan skala Likert. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R2 dengan bantuan program SPSS 25 Version.