Pengaruh Pemasaran Digital dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya yang Membeli Produk Clothing Brand Lokal Pada E-Commerce dan Sosial Media)
Main Authors: | Naufal, Ammar Faiz, Setiyo Yuli Handono,, SP., MP., MBA., Condro Puspo Nugroho,, SP., MP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192711/1/Mochamad%20Edo%20Nanda%20Pratama%20Djauharie.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192711/ |
Daftar Isi:
- Perusahaan dalam memperkenalkan suatu merek baik produk maupun jasa memerlukan media untuk mengomunikasikan suatu merek itu sendiri kepada konsumen. Perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan unggul dalam persaingan, sehingga tujuan dari perusahaan tersebut tercapai. Strategi yang dimaksud yakni dengan strategi pemasaran digital dan strategi penentuan harga. Penelitian ini berfokus pada produk clothing brand lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital dan harga terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan dilakukan pada bulan Oktober-November 2021. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan kuesioner melalui google form dikarenakan Pandemi COVID-19. Metode penelitian ini adalah PLS dengan SEM. Responden penelitian berjumlah 65 orang dengan purposive sampling dan diolah menggunakan SmartPLS 3.0. Penelitian ini menggunakan toleransi kesalahan atau alpha sebesar 0,5. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yaitu Pemasaran Digital (X1), Harga (X2) sebagai variabel eksogen dan Keputusan Pembelian (Y1) sebagai variabel endogen. Hasil penelitian analisis SEM-PLS menunjukkan model tidak memiliki kolinieritas. Variabel dengan hubungan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian yakni pemasaran digital, sedangkan variabel harga berhubungan positif serta signifikan kuat terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil R-square yakni 0.414, sedangkan hasil F-square pada variabel pemasaran digital memiliki kategori kecil dan pada variabel harga memiliki pengaruh besar. Nilai Q-Square yakni 0.215, sedangkan nilai effect size q2 yakni variabel pemasaran digital memiliki kategori sangat kecil dan variabel harga memiliki kategori sedang. Variabel pemasaran digital memiliki pengaruh positif serta tidak signifikan dengan nilai koefisien jalur 0.157 dan p-values 0.110. Variabel harga memiliki pengaruh positif serta signifikan kuat terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.554 dan p-values 0.000.