Korelasi Antara Tingkat Keterdedahan Pesan pada Akun Instagram @paktanidigital dengan Pembentukan Persepsi terhadap Pekerjaan di Sektor Pertanian

Main Authors: Yuniar, Mediana Rofika, Reza Safitri,, S.Sos., M.Si., Ph.D
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192691/1/MEDIANA%20ROFIKA%20YUNIAR.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192691/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dialami sektor pertanian Indonesia sangat beragam. Mulai dari penurunan kualitas lingkungan, impor produk pangan yang meroket, hingga kurangnya minat bekerja di sektor pertanian. Kurangnya minat bekerja di sektor pertanian ini dibarengi dengan bertambahnya usia petani Indonesia. Sehingga membuat pekerja di sektor pertanian didominasi oleh usia di atas 40 tahun. Tiga tahun berturut-turut, jumlah pekerja bebas pertanian semakin berkurang. Pada tahun 2017 sebanyak 5.848.256 pekerja, tahun 2018 menurun menjadi 5.205.749 dan tahun 2019 menurun kembali menjadi 5.190.593. Kurangnya minat seseorang untuk bekerja di sektor pertanian didasari oleh buruknya persepsi mereka terhadap pekerjaan ini. Penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Budiati (2014) menyebutkan bahwa persepsi buruk terhadap pekerjaan di sektor pertanian menjadikan banyak pencari kerja memutuskan untuk bekerja di sektor non-pertanian. Minat untuk bekerja di sektor pertanian dapat ditumbuhkan apabila persepsi pekerjaan di sektor pertanian bersifat positif. Cara membuat persepsi masyarakat menjadi positif dilakukan dengan memberikan stimulus mengenai pekerjaan di sektor pertanian yang bersifat positif pula. Pemberian stimulus tersebut dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya yaitu melalui penggunaan sosial media Instagram. Khususnya akun Instagram @paktanidigital yang kontennya berisikan pencitraan sektor pertanian di Indonesia. Peneliti merasa bahwa pesan yang dikirimkan akun Instagram @paktanidigital melalui konten yang dikirimnya mampu membentuk persepsi baik terhadap pekerjaan di sektor pertanian oleh pengikutnya. Akun Instagram @paktanidigital ini sendiri berisikan berbagai informasi yang berkaitan dengan sektor pertanian. Beberapa di antaranya yaitu tips dan trik dalam berbudidaya, berita pertanian terbaru, pesan motivasi agar masyarakat mulai bertani, hingga harga terbaru komoditas pertanian di berbagai wilayah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: a). Mendeskripsikan karakteristik pengikut akun Instagram @paktanidigital. b). Menganalisis tingkat keterdedahan pesan pada akun Instagram @paktanidigital. c). Menganalisis hubungan antara tingkat keterdedahan pesan pada akun Instagram @paktanidigital dengan persepsi pengikutnya terhadap pekerjaan di sektor pertanian. d). Mendeskripsikan proses terbentuknya persepsi pengikut akun Instagram terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Jenis dan desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode analisa berupa analisis deskriptif dan analisis korelasi Rank Spearman yang dibantu menggunakan aplikasi SPSS. Metode analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik pengikut akun Instagram @paktanidigital dan proses terbentuknya persepsi pengikutnya terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Sedangkan metode analisis Rank Spearman digunakan untuk menganalisa hubungan antara tingkat keterdedahan pesan pada akun Instagram ii @paktanidigital (X) dengan pembentukan persepsi terhadap pekerjaan di sektor pertanian (Y). Penelitian ini dilakukan dengan menjadikan pengikut akun Instagram @paktanidigital sebagai responden. Sebanyak 100 pengikut akun Instagram @paktanidigital telah mengisi kuesioner yang disebarkan peneliti melalui fitur direct message. Responden tersebut memiliki karakteristik sebagai berikut: 1). Mayoritas pengikut akun Instagram @paktanidigital ialah berusia 17 – 25 tahun. 2). Jenis kelamin pengikut akun Instagram @paktanidigital seimbang antara laki- laki dan perempuan. 3). Rata-rata pengikut akun Instagram @paktanidigital memiliki tingkat pendidikan terakhir yang cukup tinggi. 4). Dari 55 responden yang telah bekerja, 35 di antaranya bekerja pada sektor non-pertanian dan 20 lainnya bekerja di sektor pertanian. Tingkat keterdedahan pesan yang dimiliki oleh akun Instagram @paktanidigital dikategorikan cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi konten yang dilihat oleh pengikut akun Instagram @paktanidigital berada pada kategori sedang. Begitu pula tingkat akun Instagram @paktanidigital dalam memberikan timbal balik. Sedangkan pengikut akun Instagram @paktanidigital menilai bahwa daya tarik dan kejelasan informasi yang diberikan akun Instagram @paktanidigital melalui kontennya ialah baik. Sehingga tingkatannya pada keterdedahan berada pada kategori tinggi. Melalui analisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman, tingkat keterdedahan pesan pada akun Instagram @paktanidigital memiliki korelasi yang cukup signifikan dan searah terhadap pembentukan persepsi pengikutnya terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Tiga tahap pembentukan persepsi pengikut akun Instagram @paktanidigital. Tahap pertama yaitu tahap penerimaan stimulus, ke-dua adalah tahap pengertian stimulus dan terakhir adalah tahap penilaian stimulus. Ketiga tahap dalam penelitian ini dilakukan dengan baik oleh pengikut akun Instagram @paktanidigital. Apabila dihubungkan dengan teori SOR, pesan yang diberikan oleh akun Instagram @paktanidigital cukup mempengaruhi pengikutnya dengan baik dalam pembentukan persepsinya terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Stimulus berupa pesan pada konten akun Instagram @paktanidigital yang diberikan kepada organisme dalam hal ini pengikut akun Instagram @paktanidigital menimbulkan sebuah respon berupa persepsi terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Berdasarkan hasil penelitian, penulis merekomendasikan beberapa saran yang dapat diaplikasikan oleh beberapa pihak. Saran pertama ialah untuk pengguna sosial media, baik pengirim maupun penerima pesan melalui konten di Instagram untuk memilah informasi yang akan dikirim maupun diterima. Hal ini dikarenakan pesan pada konten tersebut mampu mempengaruhi respon penerimanya. Adanya pengaruh tersebut mengharuskan akun Instagram @paktanidigital tetap memberikan informasi yang bermanfaat menggunakan pesan yang baik dan efektif. Selain itu, pengelola akun Instagram @paktanidigital juga diharapkan bisa meningkatkan hubungan timbal balik kepada pengikutnya.