Pengaruh Gaya Hidup Remaja Millenial Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kedai Kopi Lokal Pekanbaru

Main Authors: Sitinjak, Maria Grace, Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA., Febriananda Faizal,, SP., MP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192678/1/maria%20grace.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192678/
Daftar Isi:
  • Perkembangan zaman yang semakin menuntut adanya perubahan gaya hidup. Salah satu perubahan gaya hidup yang terjadi adalah saat konsumsi kopi. Kondisi tersebut menyebabkan banyak pelaku usaha yang membuka kedai-kedai kopi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pemilik kedai kopi pun dituntut untuk memiliki inovasi karena adanya pandemi Covid-19 yang berdampak ke seluruh sektor usaha salah satunya kedai kopi lokal. Perubahan gaya hidup konsumen merupakan salah satu cara untuk mengetahui cara pandang dan tingkah laku konsumen terhadap keputusan pembelian dimasa pandemi Covid-19. Strategi yang dilakukan oleh Teras kopi untuk menarik konsumen yaitu dengan lokasi yang strategis, menu bervariasi dan identik dengan tempat yang kekinian atau aesthetic untuk spot foto konsumen. Penelitian ini membahas tentang pengaruh gaya hidup remaja millenial terhadap pengambilan keputusan pembelian kedai kopi lokal Pekanbaru. Metode penentuan responden dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode acidental sampling. Jumlah responden yaitu sebanyak 30 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan WarpPLS 7.0. Hasil dari penelitian ini yaitu aktivitas dan pendapat tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Konsumen cenderung memperhatikan minat mereka saat membeli produk. Indikator minat yaitu pekerjaan dan makanan memiliki nilai loading factor paling besar dari indikator lainnya. Indikator minat yang memiliki nilai loading factor terbesar yaitu pekerjaan. Hasil R-square variabel keputusan pembelian yaitu 0,561. Hal tersebut menunjukkan bahwa aktivitas, minat dan pendapat memiliki kontribusi sebesar 56,1% terhadap keputusan pembelian dan sisanya sebesar 43,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan kepada Teras kopi yaitu Teras kopi dapat meningkatkan promosi dan aktif di sosial media. Hal ini dikarenakan sosial media adalah salah satu sumber informasi yang dapat diakses oleh konsumen dan dapat menarik minat konsumen. Apabila konsumen memperoleh informasi tersebut, konsumen dapat mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut. Teras Kopi dapat mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk dengan cara menyediakan layanan penilaian konsumen. Konsumen dapat memberikan penilaian terhadap produk dan pelayanan dari Teras kopi.