Strategi Sistem Pemasaran dalam Menghadapi Society 5.0 (Studi Kasus: BUMDes Sumber Sejahtera, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang)

Main Authors: Maharani, Intan Mega, Prof. Dr.Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS., Destyana Elingga Pratiwi,, SP., MP., M.BA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192618/1/Intan%20Mega%20Maharani.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192618/
Daftar Isi:
  • Pemasaran digital telah berkembang sejak revolusi industri 4.0. Namun survei Kemnaker (2020), menyatakan bahwa 88% sektor industri di Indonesia mengalami kerugian usaha akibat COVID-19. Dikarenakan kurang optimalnya pemanfaatan teknologi untuk kegiatan pemasaran, akibat adanya kondisi kematangan digital yang berbeda. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada BUMDes Sumber Sejahtera, Pujon Kidul yang mengalami fenomena serupa. Adanya penerapan pemasaran digital melalui sosial media tidak menjamin ketahanan usaha. Faktanya BUMDes Sumber Sejahtera mengalami penurunan omzet sebesar 50%. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesiapan digital BUMDes Sumber Sejahtera, Pujon Kidul guna merumuskan strategi yang tepat dalam pemasaran digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi pustaka serta dianalisa dengan metode dari Miles dan Hubberman. Mengacu pada teori marketing 5.0 (Kotler et al., 2021) sebagai pengukuran kesiapan dan perumusan strategi. Teori tersebut digunakan karena mampu menjelaskan fenomena dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMDes Sumber Sejahtera, Pujon Kidul termasuk dalam kategori organic. Sedangkan untuk perumusan strategi, dirumuskan dua bidang tindakan untuk menghadapi society 5.0 yang meliputi: (1) peningkatan kapabilitas SDM melalui perubahan budaya organisasi dan peningkatan keterampilan serta penciptaan lingkungan kerja yang mendukung peningkatan pemasaran digital dan (2) peningkatan kapabilitas pemasaran digital untuk meningkatkan adopsi inovasi dalam pemasaran digital melalui investasi pada infrastruktur dan aset digital serta penerapan soft selling dalam pemasaran digital.