Faktor yang Mempengaruhi Niat Konsumen dalam Menggunakan Kembali Bukalapak Saat Pandemi Covid- 19 dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior di Kabupaten Situbondo
Main Authors: | Anis Mahdi, Imam, Fitrotul Laili,, SP., MP.,, Medea Rahmadhani Utomo,, SP., M.Si.,NIK. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192611/1/Imam%20Anis.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192611/ |
Daftar Isi:
- Terjadinya wabah covid-19 secara global membuat kerugian pada berbagai pihak dan berdampak pada berbagai sektor, terutama pada sektor ekonomi. Hal ini dikarenakan banyak jumlah para pekerja yang di PHK serta banyaknya para pelaku usaha yang terpaksa menutup usahanya, salah satunya yaitu terjadi dikabupaten Situbondo. Namun apabila ditinjau berdasarkan jumlah transaksi secara online masih cukup sering dilakukan oleh masyarakat, bahkan mengalami peningkatan terutama saat bertransaksi melalui e-commerce, salah satunya bukalapak. Jika didasarkan pada penggunaan e-commerce, perlu adanya strategi guna mngjangkau lebih banyak pelanggan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh sebab itu perlu pengidentifikasian terhadap faktor yang mempengaruhi niat konsumen dalam bertransaksi menggunakan kembali e-commerce disaat pandemi covid-19 ini. Faktor-faktor yang terlibat, bisa ditinjau melalui pengguaan theory of planned behavior yang terdiri dari faktor sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2021 dan bertempat di kabupaten Situbondo, provinsi Jawa Timur. Penggunaan sampel penelitian berjumlah 60 yang ditentukan dengan menggunakan teknik judgment sampling dengan responden yang masing-masing terdiri dari 20 responden berdasarkan kategori remaja, dewasa dan lanjut usia. Adapun pada pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner secara online. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square atau SEM-PLS dengan softwerenya berupa Warppls versi 7.0 Penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa variabel sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku mempunyai pengaruh terhadap niat konsumen dalam bertransaksi kembali menggunakan e-commerce bukalapak saat pandemi covid-19. Berdasarkan hasil analisis pada ketiga variabel tersebut menghasilkan pengaruh yang signifikan serta positif. Variabel sikap berpengaruh signifikan didukung dengan adanya indikator biaya pengiriman yang murah, adanya rasa aman dari covid-19 dan indikator produk yang ditawarkan lebih bervariasi. Sementara pada pengaruh divariabel norma subjektif terbantu dengan adanya indikator pengaruh dari keluarga dan teman terdekat dalam menggunakan e-commerce. Adapun pada variabel kontrol perilaku yang berpengaruh signifikan dibantu dengan adanya indikator rasa kemudahan saat bertransaksi dan indikator kebutuhan kuota internet untuk melakukan transaksi menggunakan e-commerce.