Pengaruh Customer Perceived Business Model Innovativeness Terhadap Customer Value Co-Creation Behavior dan Customer Satisfaction pada Sektor Pelayanan (Survei pada Coworking Space DILo Malang)

Main Authors: Jamal, Khaerul, Brillyaness Sanawiri, S.AB.,M.BA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192580/1/0520030122-%20Khaerul%20Jamal.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192580/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Customer Perceived Business Model Innovativeness (CPBMI) terhadap Customer Value Co-Creation Behavior (CVCB), (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh CPBMI terhadap Customer Satisfaction, dan (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh CVCB terhadap Customer Satisfaction. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori (Explanatory Research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Customer Perceived Business Model Innovativeness, Customer Value Co-Creation Behavior dan Customer Satisfaction. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah pengguna coworking space DILo, Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner offline. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan aplikasi SPSS 26 for Windows. Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa CPBMI berpengaruh signifikan terhadap CVCB, CPBMI berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction, dan CVCB berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction. Berdasarkan penelitian ini disarankan pihak pengelola coworking space DILo untuk lebih meningkatkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan Customer Value Co-Creation Behavior yang ada pada pengguna, agar lebih dapat membangun citra coworking space yang lebih baik lagi.