Sistem Informasi Manajemen Untuk Pelayanan Publik (Studi Pada e-Puskesmas di Puskesmas Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang)

Main Authors: Ramadhan, Haris, Dr. Sujarwoto, S.IP., M.Si, MPA, Anita Tri Widiyawati, SS., MA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192510/1/0520030103-%20Haris%20Ramadhan.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192510/
Daftar Isi:
  • Sistem Informasi Manajemen (SIM) sangat penting dalam pelayanan publik. Tanpa ada SIM yang baik maka mustahil pelayanan publik dapat diselenggarakan dengan baik. E-Puskesmas adalah contoh pengembangan SIM yang diterapkan oleh Puskesmas Pakisaji sejak 2017 yang ditujukan untuk memperbaiki layanan kesehatan di Puskesmas. Program e-Puskesmas di prakarsai oleh PT. Telkom bekerjasama dengan PT. Infokes Indonesia dan Kementrian Kesehatan RI. Sejak tahun 2017, Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimanakah SIM e-Puskesmas di Puskesmas Pakisaji Kabupaten Malang, dan faktor-faktor apasajakah yang menghambat SIM e-Puskesmas tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara yang dilakukan kepada para informan yang dianggap lebih memahami dan bertanggung jawab dengan e-Puskesmas. Observasi dilakukan selama tiga minggu dengan mengamati proses kerja SIM e-Puskesmas. Selain itu peneliti juga mengumpulkan data berupa dokumen pedoman pelaksanaan e- Puskesmas dan laporan terkait pelaksanaan e-Puskesmas di Puskesmas Pakisaji. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Hubberman dan Saldana Hasil penelitian menunjukkan SIM e-Puskesmas sudah berjalan dengan lancar. Hal ini ditunjukkan dari pelayanan dan pelaporan yang telah terintegrasi serta berbagai manfaat yang dirasakan oleh petugas Puskesmas. Setelah pelaksanaan e-Puskesmas beban kerja petugas semakin ringan dalam membuat laporan, dan efektif diterapkan untuk meningkatkan pelayanan Namun dalam penerapan program e-Puskesmas tersebut ditemukan kendala seperti gangguan server, listrik, internet, dan kedisiplinan pegawai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perencanaan e-Puskesmas ini ada tiga yaitu, sosialisasi, pelatihan dan penganggaran. Input dari e-Puskesmas adalah data pribadi, data rekam medis, hasil pemeriksaan dan pemberian tindakan serta resep obat. Kemudian proses pemberian pelayanan di Puskesmas Pakisaji telah terintegrasi kedalam SIM e-Puskesmas. Output dari SIM e-Puskesmas ini adalah kemudahan dalam pengolahan data pasien. Namun masalah dengan kedisiplinan pegawai, listrik padam dan erornya sistem yang masih menjadi penghambat