Pengaruh Kualitas Makanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Katering Sehat Dailee Healthy Club Di Masa Pandemi Covid-19

Main Authors: Alieffia, Destamara Dinda, Novi Haryati,, SP., MP, Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192505/1/Destamara%20Dinda%20Alieffia.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192505/
Daftar Isi:
  • Penerapan hidup sehat dapat membantu individu untuk mendapatkan kesehatan yang prima. Pola hidup sehat diterapkan dengan melakukan aktivitas fisik dan mengatur asupan makanan yang dikonsumsi. Di masa pandemi COVID- 19 penerapan pola hidup sehat sangat diperlukan utuk membantu menjaga imunitas tubuh. Adanya kesadaran masyarakat untuk memulai hidup sehat di masa pandemi menjadi peluang usaha katering makanan sehat di Indonesia. Hal tersebut membuat masyarakat harus selektif dalam memilih katering sehat yang akan dikonsumsi, sehingga harus mempertimbangkan kualitas makanan dan citra merek dalam penentuan keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan terhadap keputusan pembelian Katering Sehat Dailee Healthy Club di masa pandemi COVID-19, (2) Untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian Katering Sehat Dailee Healthy Club di masa pandemi COVID-19. Lokasi penelitian dilakukan di salah satu jasa boga yang menawarkan produk katering sehat di Kota Malang yaitu Dailee Healthy Club. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 55 sampel. Penentuan sampel menggunakan non- probability sampling dengan quota sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner online menggunakan google form yang disebarkan melalui media sosial. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode SEM-PLS menggunakan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas makanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Katering Sehat Dailee Healthy Club di masa pandemi COVID-19. Responden menilai Katering Sehat Dailee Healthy Club memiliki kualitas makanan yang baik sehingga mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian dan konsumsi Katering Sehat tersebut. Adapun indikator variabel kualitas makanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasa, higienitas, tingkat kesegaran, variasi menu serta sehat dan bergizi. Citra merek juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Katering Sehat Dailee Healthy Club di masa pandemi COVID-19. Indikator variabel citra merek yang digunakan dalam penelitan ini yaitu kepuasan terhadap produk, reputasi merek dan keunggulan merek. Berdasarkan hasil penelitian, responden menilai bahwa Dailee Healthy Club memiliki citra merek yang baik sehingga mempengaruhi keputusan pembelian Katering Sehat Dailee Healthy Club di masa pandemi COVID-19