Implementasi Kebijakan Parkir Meter Dalam Mengatasi Tindak Kecurangan Juru Parkir (Studi Pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya)
Main Authors: | Putra, Gilang Pratama, Dr. Bambang Santoso Haryono, MS., Nurjati Widodo, S.AP., M.AP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192500/1/0520030100-%20Gilang%20Pratama%20Putra.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192500/ |
Daftar Isi:
- Banyaknya aksi penyelenggaraan parkir liar oleh juru parkir akibat dari lahan parkir yang terbatas dan adanya tindak kecurangan juru parkir dalam meberikan karcis parkir serta penarikan retribusi melebihi ketentuan, membuat Dinas Perhubungan Kota Surabaya melakukan upaya untuk menyelesaikan permasalahan dengan sistem yang lebih modern. Kebijakan yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya adalah kebijakan pembayaran parkir secara elektronik menggunakan mesin parkirmeter. Parkirmeter ditujukan untuk memperkecil potensi juru parkir dalam melakukan kecurangan sehingga dapat memaksimalkan pelayanan parkir kepada masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Kota Surabaya dan situs penelitian berada di Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis dari Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori implementasi Zainal Abidin yang terdiri dari 1). Peralatan Kebijakan : budaya kerja dan kondisi masyarakat; 2). Kewenangan; 3). Faktor Teknis : penguasaan teknologi, peralatan kebijakan, hubungan kerja dan teknik komunikasi. Jenis dan sumber data pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari informan serta data sekunder yang diperoleh dari dokumen – dokumen.