Strategi Penerimaan Pajak Melalui Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebumen)

Main Authors: Prastuty, Eka, Dr. Choirul Saleh, M.Si, Rendra Eko Wismanu, S.AP.,M.AP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192428/1/0520030074-%20Eka%20Prastuty.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192428/
Daftar Isi:
  • Rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak dapat menyebabkan rendahnya penerimaan negara pada sektor perpajakan. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan nyata dan stategis untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran wajib pajak. Strategi merupakan suatu pedoman atau acuan yang dijadikan landasan pelaksanaan kegiatan demi tercapainya suatu tujuan yang telah direncanakan. Strategi yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebumen dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak yaitu dengan memberikan sosialisasi kepada wajib pajak dan meningkatkan tingkat pengawasan yang dilakukan oleh Account Representative. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penerimaan pajak melalui peningkatan kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebumen. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dan dibatasi oleh tiga fokus penelitian yaitu (1) strategi penerimaan pajak melalui peningkatan kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebumen; (2) faktor pendukung dan penghambat strategi penerimaan pajak melalui peningkatan kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebumen; (3) hasil-hasil yang dicapai melalui penerimaan pajak melalui peningkatan kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebumen. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di lapangan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi penerimaan pajak melalui peningkatan kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebumen berjalan cukup baik meskipun belum optimal dikarenakan kurangnya kesadaran dan pengetahuan wajib pajak, kurangnya sosialisasi yang dilakukan petugas pajak serta kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh Account Representative. Berbagai upaya terus digencarkan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak diantaranya pemberian sosialisasi kepada wajib pajak dan peningkatan pengawasan petugas AR. Sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat, wajib pajak dan calon wajib pajak bertujuan untuk menambah pengetahuan dan kesadaran wajib pajak guna meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Sedangkan peningkatan pengawasan perpajakan dilakukan untuk mengawasi wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban pajaknya secara jujur dan benar.