Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rice Bowl Di Momsky Coffee, Food & Backyard Sumatera Utara Pada Masa Pandemi Covid-19
Main Authors: | Fahliza, Suhaiba, Dr. Rosihan Asmara,, SE.,MP., Putri Budi Setyowati,, SP., M.Sc. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192419/1/Suhaiba%20Fahliza.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192419/ |
Daftar Isi:
- Berkembangnya usaha dibidang Food and Beverage (F&B) menyebabkan tingginya persaingan antar pesaing sejenis. Peningkatan pesaing sejenis menjadi salah satu landasan untuk para pelaku usaha dapat memperkuat strategi pemasarannya untuk mempertahankan dan menarik konsumen. Selain itu, pelaku usaha harus menawarkan produk yang diadaptasi dari keinginan dan kebutuhan konsumen, mengikuti perkembangan trend dan memiliki value untuk membedakan produk dari kompetitor. Selain ketatnya persaingan, Munculnya pandemi covid-19 yang mengharuskan masyarakat melakukan physical distancing, work from home (WFH) dan harus mengikuti berbagai kebijakan pemerintah untuk memutus rantai penyebarannya menyebabkan perubahan perilaku konsumen terutama pada keputusan pembelian. Hal tersebut berdampak pada penurunan permintaan dan penurunan penerimaan rata-rata perbulan pada Momsky Coffee, Food & Beverage. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Momsky Coffee, Food & Beverage harus memperkuat strategi pemasarannya seperti bauran pemasaran agar cafe dapat bersaing dengan kompetitor dan bertahan ditengah pandemi Covid-19 untuk menarik minat konsumen sehingga menyebabkan permintaan produk dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran 7P terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk Rice bowl di Momsky Cafe. Variabel eksogen yakni bauran pemasaran 7P yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidence sedangkan variabel endogen yakni keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden dengan syarat. Analisis data penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square) dengan hasil bauran pemasaran 7P terhadap keputusan pembelian memiliki pengaruh R2 sebesar 0,795 yang berarti variabel bauran pemasaran memiliki pengaruh sebesar 79,5% terhadap keputusan pembelian sementara sisanya 20,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Variabel product, place, promotion, people, dan physical evidence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel price dan process memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Momsky Coffee, Food & Backyard dapat lebih memperkuat strategi pada variabel price dan process untuk lebih dapat menarik minat konsumen dalam memutuskan pembelian. Momsky Coffee, Food & Backyard dapat mengakumulasikan ulang terkait dengan harga sesuai dengan segmentasi pasar. Apabila hal tersebut tidak dapat diganggu gugat lagi, pihak Momsky Coffee, Food & Backyard dapat lebih sering memberikan diskon untuk menarik minat konsumen. Sementara itu, untuk process disarankan untuk menambah personil di jam-jam atau hari-hari tertentu agar pelayanan yang diberikan dapat maksima