Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sintesa Coffee Shop Di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara
Main Authors: | Sinaga, Shanen Doherti, Ir. Edi Dwi Cahyono., M.Agr.Sc., M.S.,Ph.D, Mas Ayu Ambayoen,, SP., M.Si |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192405/1/SHANEN%20DOHERTI%20SINAGA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192405/ |
Daftar Isi:
- Berkembangnya suatu usaha pada komoditas kopi atau dapat dikenal dengan istilah kedai kopi (coffee shop) saat ini di berbagai kota salah satunya di daerah Sumatera Utara menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Pelaku usaha harus mampu menghadapi persaingan tersebut dimana salah satunya menggunakan penerapan strategi pemasaran yang sesuai dan tepat. Semakin berkembangnya penggunaan teknologi yang semakin canggih, membuat penggunaan internet tidak asing lagi dalam memasarkan produk secara online. Instagram merupakan salah satu media sosial sebagai yang digunakan sebagai strategi dalam komunikasi pemasaran bagi pelaku usaha bisnis khususnya Coffee Shop. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan, yaitu melakukan promosi melalui media sosial Instagram. Promosi dilakukan oleh pelaku usaha seperti kedai kopi untuk memberitahu kepada konsumen sehingga konsumen merasa tertarik dan memutuskan untuk melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Kegiatan promosi mempunyai urgensi yang tinggi dalam kegiatan pemasaran. Hal ini disebabkan oleh karena promosi melalui media sosial dapat membantu perusahaan dalam memperkenalkan produk atau jasa yang mereka jual. Salah satu tujuan dari promosi perusahaan adalah memberi informasi segala jenis produk dan jasa yang ditawarkan menggaet calon konsumen yang baru. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasi pembuatan konten(Content creation), berbagi konten(Content Sharing), dan hubungan(Connecting) pada Sintesa Coffee Shop, dan (2) untuk menganalisis pengaruh pembuatan konten(Content creation), berbagi konten(Content Sharing), dan hubungan(Connecting) terhadap keputusan pembelian konsumen pada Sintesa Coffee Shop. Metode pendekatan pada penelitian ini, yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Metode penentuan sample yang digunakan yakni non-probability dengan metode convience sampling dimana jumlah total responden, yaitu 110 responden. Teknik analisis data yang digunakan dengan SEM-PLS yang menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pembuatan konten (Content creation) memiliki nilai positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian serta Sintesa Coffee Shop telah menerapkan variabel ini dengan baik dan jelas dari segi informasi produk, testimoni hingga promosi dalam setiap unggahan di feed/story Instagram. Variabel berbagi konten (content sharing) memiliki nilai positif dan tidak signifikan karena variabel ini belum mampu memberikan dampak terhadap keputusan pembelian dimana konsumen dari kedai kopi ini hanya menyerap informasi dari setiap unggahan tanpa memberikan viii feedback, namun dapat dilihat juga Sintesa Coffee Shop berupaya memberikan informasi yang menarik dari segi caption mengenai promosi seperti buy 1 get 1 hingga potongan harga di hari besar tertentu. Sedangkan, variabel hubungan (connecting) terjalin dengan baik antara admin dan konsumen dimana dapat dilihat variabel ini memiliki nilai yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel berbagi konten (content sharing) memiliki nilai yang rendah sehingga disarankan kepada kedai kopi ini untuk menyediakan platform media sosial lainnya sebagai penampung kritik dan saran agar memperoleh feedback untuk meningkatkan kualitas baik produk hingga kedai kopi. Fokus pada peningkatan media promosi seperti menggunakan iklan berbayar, endorsement dan lainnya dapat dipertimbangkan agar menarik konsumen lebih banyak. Penggunaan keseluruhan variabel promosi secara online seperti membangun komunitas (community building) disarankan guna memungkinkan meningkatkan nilai koefisien determinasi