Analisis Faktor Emosional Pengguna Pada Perancangan Antarmuka Sistem Informasi Benih Induk Jeruk Di Balitjestro Menggunakan Kansei Engineering

Main Authors: Nurfauzi, Sobirin, Dr. Akhmad Adi Sulianto,, STP, M.Eng, Dr. Ir. Sandra Malin Sutan,, MP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192387/1/0421100002-%20Sobirin%20Nurfauzi.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192387/
Daftar Isi:
  • Jeruk merupakan salah satu komoditas hortikultura yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Kualitas jeruk tergantung pada kualitas benih yang digunakan yaitu dengan menggunakan benih yang bersertifikat bebas dari penyakit. Dalam mendukung produktivitas benih berkualitas diperlukan suatu sistem informasi manajemen untuk mengontrol data yang keluar-masuk. Namun, desain tampilan antarmuka yang sering digunakan cenderung tidak sesuai dengan keinginan penggunanya secara emosional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi manajemen dengan tampilan antarmuka website yang disesuaikan berdasarkan emosional pengguna, yaitu menggunakan metode Kansei Engineering. Tahapan penelitian ini terdiri dari dua tahapan, yaitu merancang sistem informasi manajemen benih jeruk dan merancang tiga contoh desain tampilan menggunakan kuesioner ke 34 konsumen dan 14 pegawai di Balitjestro kemudian dianalisis menggunakan statistik multivariat yaitu Coefficient Correlation Analysis, Cronbach’s Alpha, Principal Component Analysis dan Factor Analysis. Pengukuran emosional pengguna untuk mencari faktor-faktor yang berpengaruh menggunakan kuesioner. Hasil pengujian sistem telah menunjukkan sistem yang dirancang berjalan lancar pada tampilan Home Page dan Login Page dengan presentase kelayakan sistem rata-rata sebesar 74,81%. Nilai Cronbach’s Alpha dan Factor Analysis telah memenuhi syarat minilam >0,7 dengan nilai sebesar 0.981 dan 0,8 untuk emotion “Mewah”. Dan menghasilkan dua konsep desain yang direkomendasikan yaitu “Konsep Keindahan” dan Konsep Kreatifitas”. “Konsep Keindahan” yang terdiri dari emotion “Mewah”, “Passion”, dan “Fun”. Sedangkan “Konsep Kreatifitas” terdiri dari emotion “Modern”, “Alami” dan “Kreatif”. Kemudian setelah diperoleh konsep desain yang sesuai dengan emosional pengguna, maka desain yang memiliki penilaian tertinggi terdapat pada Spesimen 3 pada “Konsep Keindahan” dan “Konsep Kreatifitas”