Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup Konsumen Dalam Berbelanja Online Produk Pertanian
Main Authors: | Safitri, Luluk Arifatul, Prof. Dr. Ir. Djoko Koestiono, MS, Imaniar Ilmi Pariasa, SP., MP., M.BA. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192294/1/Luluk%20Arifatul%20Safitri.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192294/ |
Daftar Isi:
- Hadirnya layanan e-commerce membawa perubahan ke berbagai aspek kehidupan termasuk perilaku konsumen. Hal ini dapat dilihat dari kecenderungan konsumen saat ini yang mulai beralih untuk memilih berbelanja kebutuhan mereka secara online melalui e-commerce. Masyarakat kini tengah mengalami perubahan perilaku, khususnya dalam pola belanja karena saat ini masyarakat banyak memilih bertransaksi online dibanding secara konvensional. Hal ini membuktikan bahwa perilaku belanja online saat ini telah menjadi gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Kehadiran e-commerce yang menjual produk-produk pertanian saat ini berdampak pada permintaan produk hasil tani dengan komoditas yang paling diminati yaitu sayuran, buah, ayam dan telur. Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah untuk menganalisis pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap gaya hidup konsumen dalam berbelanja online produk pertanian, serta mendeskripsikan gaya hidup konsumen dalam berbelanja online produk pertanian. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Selanjutnya data yang diperoleh diolah menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square- Structural Equation Modeling) dengan bantuan software SmartPLS 3.0 untuk melihat pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap gaya hidup konsumen dalam berbelanja online produk pertanian. Responden penelitian ini sebanyak 60 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Perumahan Alinda Kencana Permai, Kota Bekasi Utara, tepatnya kepada warga di RT 11/RW 21 pada bulan November sampai dengan Desemeber tahun 2021, dengan melakukan penyebaran dan pengisian kuesioner kepada responden secara langsung. Kriteria e-commerce yang digunakan pada penelitian ini adalah e- commerce yang menyediakan berbagai macam kebutuhan bahan pokok dan produk pertanian yaitu Shopee, Tokopedia, Happy Fresh, TaniHub, Sayurbox, Gojek (gomart) dan Grab (grabmart). Pemilihan e-commerce tersebut karena e-commerce e-commerce tersebut paling digemari dan banyak dikunjungi oleh masyarakat. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa faktor budaya dan faktor psikologis yang berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup konsumen dalam berbelanja online produk pertanian. Faktor lain yaitu faktor sosial dan faktor pribadi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap gaya hidup konsumen dalam berbelanja online produk pertanian. Dari hasil penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa berbelanja online produk pertanian memiliki pengaruh yang baik terhadap gaya hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka, yang ditinjau dari tiga aspek yaitu aktivitas, minat dan opini mereka terhadap berbelanja online produk pertanian. Masyarakat juga setuju bahwa berbelanja produk pertanian secara online memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan mereka, sehingga masyarakat akhirnya memiliki minat untuk melakukan pembelian ulang produk-produk pertanian secara online serta akan merekomendasikan orang lain untuk berbelanja produk pertanian secara online.