Pengaruh Celebrity Endorse Dan Atmosfer Kedai Kopi Kangen Melalui Citra Toko Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Di Kabupaten Nganjuk)

Main Authors: Nurpitasari, Indah, Dr. Ir. Agustina Shinta Hw, MP., Rini Mutisari, SP., MP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192288/1/Indah%20Nurpitasari.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192288/
Daftar Isi:
  • Kegiatan bisnis yang tidak asing lagi bagi semua khalayak luas membuat bermunculan bisnis baru salah satunya adalah kedai kopi. Tidak hanya berhenti di pembukaan bisnis baru namun juga beradu strategi penjualan salah satunya adalah kegiatan promosi. Kegiatan promosi banyak dilakukan baik secara offline maupun online. Salah satu kegiatan promosi online yang sering dilakukan adalah dengan pemanfaatan media sosial instagram, salah satu kedai kopi yang menggunakan instagram sebagai media untuk melakukan promosi yaitu Kopi Kangen Nganjuk, sehingga perlu adanya penelitian apakah kegiatan promosi yang dilakukan dapat meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorse terhadap minat beli konsumen melalui citra toko dan pengaruh atmosfer kedai kopi terhadap minat beli konsumen melalui citra toko yang dilakukan di Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Nganjuk pada bulan Juni-September 2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dengan cara memberikan kuisioner seacra online kepada pengikut akun instagram kopi kangen menggunakan purposive sampling. Responden yang digunakan yaitu sebanyak 50 responden dan diuji menggunakan analisis SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square). Hasil dari penelitian ini yaitu celebrity endorse ditemukan dapat mempengaruhi minat beli konsumen namun tidak signifikan sama halnya dengan atmosfer kedai kopi terhadap minat beli. Ketika ada variabel mediasi citra toko diantaranya maka atmosfer kedai kopi dan celebrity endorse berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Dimana ketika celebrity endorse dan atmosfer kedai kopi ditingkatkan maka akan meningkatkan citra kopi kangen sehingga minat beli konsumen akan meningkat. Didukung dengan adanya hasil bahwa citra toko memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap minat beli. Variabel yang memiliki pengaruh sangat signifikan yaitu pengaruh celebrity endorse terhadap citra toko dan atmosfer kedai kopi terhadap citra toko. Artinya ketika variabel celebrity endorse dan juga atmosfer kedai kopi ditingkatkan maka akan berpengaruh sangat singnifikan terhadap meningkatnya citra kedai kopi kangen.