Pengaruh Online Customer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian Sari Apel Siiplah Di Marketplace Tokopedia
Main Authors: | Aditya, Farhan Marza, Ir. Edi Dwi Cahyono, M.Sc., Ph.D., Alia Febrianingtyas, SP., MP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192263/1/Farhan%20Marza%20Aditya.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192263/ |
Daftar Isi:
- Kota Batu merupakan daerah penghasil buah apel terbesar di Jawa Timur dengan angka produksi sebesar 55.957,69 ton per tahun. Upaya pengolahan apel menjadi minuman sari apel guna untuk meningkatkan daya saing, umur simpan, dan nilai tambah dari buah apel. Seiring berkembangnya teknologi yang dapat mempermudah UMKM dalam memasarkan produk, contohnya Tokopedia. Salah satu power merchant di Tokopedia yaitu Jajanan.mlg yang sudah bediri sejak 2016. Tokopedia menyediakan laman ulasan yang dapat digunakan oleh pembeli dengan menyampaikan evaluasi pasca pembelian terhadap produk ataupun penjual. Penelitian ini ditujukan untuk memahami faktor pada konten online consumer review terhadap perilaku konsumen dalam keputusan melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh costumer review terhadap persepsi konsumen serta menganalisis pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen sari apel Siiplah di Tokopedia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online menggunakan Google Form. Dokumentasi dilakukan dengan mengambil tangkapan layar ulasan pada Tokopedia. Pendekatan penelitian secara kuantitatif dan melakukan analisis deskriptif pada karakteristik responden, serta menganalisis variabel penelitian menggunakan PLS-SEM. Berdasarkan hasil analisis, costumer review memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen pada pembelian produk sari apel Siiplah di Tokopedia. Variabel argument quality, review valence, review helpfulness, source credibility, dan reviewer recommendation berpengaruh signifikan terhadap persepsi konsumen, namun message sidedness tidak berpengaruh secara signifikan. Review helpfulness memiliki pengaruh tertinggi dalam menjelaskan variabel online costumer review. Responden penelitian menyatakan bahwa semakin panjang ulasan maka memiliki tingkat keterbantuan yang tinggi. Sedangkan variabel message sidedness tidak memiliki pengaruh dikarenakan responden beranggapan bahwa tidak dapat pengaruh dari ulasan pro dan tidak terdapat dampak negatif dari kontra. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa variabel persepsi konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sari apel Siiplah di Tokopedia. Indikator yang memiliki pengaruh tertinggi dalam menjelaskan keputusan pembelian yaitu keputusan tentang jumlah produk. Penelitian ini menyarankan agar Tokopeda melakukan penambahan ketentuan untuk penulisan minimum kata dan penggunaan kata kunci Ketika memberi ulasan. Hal ini agar review yang dituliskan memberikan banyak informasi mengenai evaluasi yang dirasakan konsumen. Jajanan.mlg mampu meningkatkan kinerjanya dengan lebih komunikatif untuk menanggapi pertanyaan atau ulasan yang diberikan konsumen. Konsumen diharapkan mampu memerhatikan lebih teliti dan selektif terhadap review yang telah disampaikan agar dapat mengurangi resiko buruk yang didapatkan setelah pembelian. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan meneliti pengaruh daya beli serta minat iv konsumen, menambahkan jumlah sampel, penggunaan marketplace selain Tokopedia, dan menambah variabel seperti recommendation rating