Pemanfaatan Marketplace Gofood Dalam Peningkatan Citra Wisata Kuliner Lokal Bandung

Main Authors: Nursyihab, Aziez Itsna, Edriana Pangestuti, S.E., M.Si., DBA.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192233/1/0520030049-%20Aziez%20Itsna%20Nursyihab.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192233/
Daftar Isi:
  • Kota Bandung ditetapkan sebagai salah satu kota wisata kuliner unggulan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kota Bandung memiliki berbagai macam kuliner lokal yang khas dan menjadikannya sebagai tujuan wisata kuliner. Perkembangan kuliner tidak terlepas dari perkembangan teknologi, hadirnya marketplace GoFood pada tahun 2015 memberikan sebuah dampak terhadap sosial, ekonomi dan citra kuliner lokal di Kota Bandung. Pemanfaatan Marketplace GoFood di Kota Bandung digunakan sebagai sarana pemasaran bagi merchant untuk mengembangkan usahanya. Adanya marketplace GoFood mendorong terciptanya perkembangan kuliner terutama kuliner lokal yang dimodifikasi dengan berbagai inovasi dan packaging yang baik sehingga meningkatkan citra kuliner lokal. Marketplace GoFood memberikan kemudahan kepada wisatawan yang datang berkunjung, selain untuk memesan makanan juga bisa digunakan untuk mencari informasi kuliner di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Rumusan masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu: (1) Bagaimana pemanfaatan marketplace GoFood di Kota Bandung? (2) Apakah kekuatan dan kelemahan dalam pemanfaatan marketplace GoFood di Kota Bandung? (3) Bagaimana marketplace GoFood dapat berdampak pada peningkatan citra wisata kuliner Kota Bandung? Sumber data primer penelitian diperoleh melalui informan dan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pemanfaatan marketplace GoFood di Kota Bandung sudah berjalan dengan cukup baik karena memberikan dampak kepada merchant, konsumen, sosial ekonomi masyarakat, dan citra kuliner.(2) Marketplace GoFood memberikan kemudahan bagi pengguna dan merchant yang menjadikan GoFood sebagai sarana untuk pemasaran dan mengembangkan usahanya dengan berbagai inovasi. (3) Marketplace GoFood memberikan pengaruh besar bagi perkembangan kuliner di Kota Bandung yang berdampak pada peningkatan perekonomian dan citra kuliner Kota Bandung.