Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Sayuran Organik Di Kota Malang (Studi Di Transmart Dan Cv. Kurnia Kitri Ayu Farm)
Main Authors: | Anggina., Dikha, Rachman Hartono, SP., MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192217/1/Dikha%20Anggina.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192217/ |
Daftar Isi:
- Program “Go Organik 2010” memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu hidup masyarakat dan kelestarian lingkungan dengan mendorong berkembangnya pertanian organik yang berdaya saing dan berkelanjutan. Pemerintah kota Malang telah menerapkan sistem pertanian organik agar masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat. CV. Kurnia Kitri Ayu Farm merupakan produsen sayuran organik di Malang dan salah satu pesaingnya adalah retail modern Supermarket Transmart. Masyarakat sebagai konsumen yang memiliki pilihan untuk menentukan produk untuk dikonsumsi. Konsumen memiliki beberapa pertimbangan yang mempengaruhi untuk membeli sayuran organik. Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan: (1) Mendeskripsikan aktivitas budidaya dan pemasaran pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm serta pemasaran produk di Transmart, (2) Mendeskripsikan apa saja jenis produk sayuran organik yang ada atau yang dijual di Transmart dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, (3) Menganalisis persepsi konsumen terhadap kualitas produk sayuran organik di Transmart dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, dan (4) Menganalisis faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan persepsi konsumen dalam pemilihan produk sayuran organik di Transmart dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan alat bantu kuesioner tertutup. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Transmart dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling karena sampel diambil secara kebetulan bertemu dengan peneliti. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, dan uji korelasi rank spearman yang dibantu menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Kurnia Kitri Ayu Farm melakukan budidaya langsung pada lahan sendiri dan dipasarkan secara door to door, sedangkan Transmart mendapatkan produk dari supplier Among Tani dan dipasarkan melalui etalase (lemari kaca atau rak berkaca). Produk sayuran organik pada kedua produsen telah tersertifikasi resmi. Persepsi kosumen terhadap kualitas produk sayuran organik terhadap tiga variabel yaitu atribut sensori, atribut mutu, dan atribut simbolis. Pada atribut sensori di Transmart memiliki kategori baik dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm memiliki kategori sangat baik. Kemudian pada atribut mutu di Transmart memiliki kategori baik dan di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm memiliki kategori sangat baik. Setelah itu pada atribut simbolis di Transmart memiliki kategori baik dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm ii memiliki kategori sangat baik. Penelitian di Transmart dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm menunjukkan bahwa faktor-faktor mempengaruhi adalah faktor usia, pendidikan dan intensitas konsumsi teruji berpengaruh positif dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis merekomendasikan beberapa saran yang dapat menerapkan oleh beberapa pihak. Saran pertama ialah bagi pihak Transmart perlu meningkatkan bauran promosi, memberi kesempatan juga kepada supplier atau umkm untuk masuk ke retail modern. Hal ini dikarenakan belum ada bauran promosi dari pihak Transmart untuk produk sayuran organik, serta supplier yang berada di Transmart hanya dari Among Tani. Selain itu, bagi pihak CV. Kurnia Kitri Ayu Farm perlu adanya strategi baru dalam melakukan pemasaran agar sayuran organik serta memperbaiki kemasan produk sayuran organik sehingga CV. Kurnia Kitri Ayu Farm nantinya dapat memperkenalkan produk sayuran organik lebih luas lagi.