Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Kantinorganik

Main Authors: Mahmud, Cahya Jati, Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin, MS s, Neza Fadia Rayesa, S.TP. M.Sc
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192203/1/CAHYA%20JATI%20MAHMUD.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192203/
Daftar Isi:
  • Persaingan bisnis yang ketat menyebabkan perusahaan diharuskan untuk menerapkan strategi yang baik bagi perusahaannya. Perusahaan diharuskan untuk menyusun strategi yang baik dengan menyesuaikan perubahan yang ada. Salah satu perubahan yang terjadi di dalam masyarakat ialah gaya hidup sehat. Perusahaan yang memiliki segmentasi konsumen yang melaksanakan gaya hidup sehat ialah Kantinorganik. Kantinorganik menjadi salah satu pilihan konsumen untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat. Kantinorganik diharuskan dapat menerapkan strategi yang baik untuk mendapatkan konsumen yang loyal. Salah satu strategi tersebut ialah bauran pemasaran. Sehingga, perlu dilakukan analisis pengaruh Bauran Pemasaran (7P) terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Mendeskripsikan karakteristik loyalitas konsumen pada produk Kantinorganik, (2) Menganalisis tingkat pengaruh bauran pemasaran (product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence) terhadap loyalitas konsumen pada produk Kantinorganik, dan (3) Menganalisis variabel dari bauran pemasaran paling mempengaruhi loyalitas konsumen. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sebanyak 80 orang dengan kriteria responden pernah mengkonsumsi produk yang ada di Kantinorganik. Metode analisis yang digunakan yaitu (1) Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan atau menggambarkan karakteristik responden, (2) Metode SEM-PLS untuk menganalisis tingkat pengaruh hubungan antara bauran pemasaran (7P) dengan loyalitas konsumen.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, karakteristik responden yang dimiliki oleh para konsumen ialah terdiri dari konsumen didominasi oleh perempuan. Rentan usia para konsumen ialah 13-23 tahun. Pekerjaan yang mayoritas konsumen lakukan ialah mahasiswa. Rentan pendapatan yang dimiliki oleh para konsumen ialah Rp500.000,00-Rp1.000.000,00. Tingkat pendidikan terakhir didominasi oleh SMA/SMK. Karakteristik loyalitas yang dimiliki oleh para konsumen ialah pemilihan Kantinorganik sebagai e-commerce pilihan untuk berbelanja. Karakteristik lainnya ialah mayoritas konsumen yang mengonsumsi dan melakukan transaksi di Kantinorganik sebanyak 1-2 kali dalam kurun waktu 3 bulan. Kemudian, karakteristik lain yang dimiliki oleh para konsumen ialah perekomendasian tentang Kantinorganik yang dilakukan secara kadang-kadang. Kemudian, berdasarkan metode SEM-PLS yang dilakukan, didapatkan hubungan variabel bauran pemasaran yang signifikan dengan loyalitas konsumen yakni product, price, dan physical evidence. Perusahaan disarankan dapat mempertahankan atau meningkatkan lagi variabel yang signifikan agar dapat meningkatkan keloyalan konsumen. Kemudian, perusahaan juga dapat meningkatkan lagi variabel yang tidak signifikan yakni place, promotion, people, dan process dengan mengikuti perubahan yang ada.