E-Marketing Mix Pada Online Consumer Kopi Janji Jiwa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Malang
Main Authors: | Permatasari, Ayu Chofifah, Prof.Dr.Ir.Abdul Wahib Muhaimin, MS, Fitrotul Laili, SP.,MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192197/1/Ayu%20Chofifah%20Permatasari.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192197/ |
Daftar Isi:
- Industri makanan dan minuman khususnya kopi di masa pandemi Covid-19 masih dapat tumbuh sebesar 0.22% pada triwulan ke II Tahun 2020. Pemicu dari peningkatan konsumsi kopi yaitu adanya perubahan perilaku masyarakat Indonesia yang cenderung menyukai kopi dan bahkan menjadikan konsumsi kopi menjadi suatu kebiasaan sebagai gaya hidup, seperti nongkrong untuk menikmati kopi yang membuat adanya peningkatan jumlah kedai kopi salah satunya di Malang. Hal ini mengakibatkan persaingan kedai kopi yang semakin kompetitif serta membuat konsumen melakukan pemilihan kedai kopi yang sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka. Saat ini karena adanya pandemi serta beberapa kebijakan seperti PPKM membuat kedai kopi membuat Janji Jiwa mengalami penurunan pendapatan. Selama kebijakan PPKM di Kota Malang kedai kopi Janji Jiwa tidak menerima layanan untuk dine-in. Adanya kebijakan PPKM menyebakan perubahan metode penjualan yang awalnya secara offline berubah menjadi online dengan menggunakan platform online seperti Grab food dan lain-lain. Untuk tetap meningkatkan penjualan mereka salah satunya secara online kedai kopi Janji Jiwa perlu melakukan strategi e-marketing mix atau strategi bauran pemasaran secara online melalui internet atau situs web bisnis untuk transaksi penjualan dengan menggunakan product, price, promotion, place, customer service, community, site design. Dengan adanya kompenen e-marketing mix nantinya diharapkan kedai kopi Janji Jiwa mampu mengetahui variabel apa saja yang berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen online pada saat penjualan secara online. Berdasarkan permasalahan di lapang tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh komponen e-marketing mix pada Kedai Janji Jiwa terhadap keputusan pembelian online konsumen pada masa pandemi Covid-19 di Malang. Pendakatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan penentuan sampel Purposive Sampling dan jumlah responden sebanyak 105. Alat analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis SEM-PLS dengan bantuan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa product, price, promotion, place, customer service, community, site design pada Kedai Janji Jiwa tidak semua berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian online konsumen pada masa pandemi Covid-19 di Malang. Pada variabel Promosi (X3), Customer Service (X5) menunjukkan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online serta variabel Site Design (X7) menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga dari ketiga variabel tersebut perlu adanya peningkatan atau perbaikan yang nantinya berpotensi untuk meningkatkan keputusan pembelian. Sedangkan pada variabel produk (X1), harga (X2), Tempat/distribusi (X4) dan community (X6) menunjukkan hasil yang postif dan signifikan tehadap keputusan pembelian sehingga dapat dijaga konsistensinya dan ditingkatkan agar lebih baik sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian di kedai kopi Janji Jiwa Malang.