Pengaruh Penerapan Protokol Kesehatan Terhadap Kepuasan Konsumen Coffee Shop Di Kota Malang

Main Authors: Gantari, Aurelly Sukma, Dr. Silvana Maulidah, SP.,MP., Neza Fadia Rayesa, S.TP.,M.Sc
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192195/1/Aurelly%20Sukma%20Gantari.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192195/
Daftar Isi:
  • Virus COVID-19 merupakan virus yang masuk ke Indonesia pada Maret 2020 yang datang dari Wuhan China. Adanya virus COVID-19 di Indonesia memberikan berbagai dampak yang salah satunya adalah menurunnya perekonomian Indonesia. Salah satu sektor yang mengalami penurunan adalah sektor akomodasi dan makanan minuman sebesar 10,22% pada tahun 2020. Kasus COVID-19 yang terus bertambah membuat Presiden Indonesia, Joko Widodo mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM darurat pada 1 Juli 2021 wilayah Jawa-Bali yang ditindaklanjtui dengan keluarnya Inmendagri Nomor 15 Tahun 2021. Coffee Shop merupakan salah satu sektor makanan dan minuman yang terdampak akibat adanya COVID-19 khususnya pada saat diumumkannya PPKM level di Jawa Bali. Adanya pandemi COVID-19 membuat pemerintah memberikan peraturan yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus dan salah satunya adalah penerapan protokol kesehatan Penelitian ini dilakukan karena adanya perubahan perturan saat tersebut yang wajib ditaati oleh seluruh warga yang melakukan kegiatan di luar rumah tidak terkecuali seorang karyawan. Penelitian di Lakukan di seluruh Coffee Shop Janji Jiwa yang berada Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan protokol kesehatan yang dilakukan karyawan Janji Jiwa di Kota Malang dan untuk mengetahui bagaiamana pengaruh penerapan protokol kesehatan terhadap kepuasan konsumen Janji Jiwa. Harapannya penelitian ini dapat dijadikan evaluasi pengembangan Janji Jiwa kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengunpulan data adalah menggunakan kuisioner campuran dan disebarkan secara online dan offline. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan regresi logistik biner dengan menggunakan alat analisis IBM SPSS versi 22.0 untuk mengetahui pengaruh penerapan protokol kesehatan terhadap kepuasan konsumen Janji Jiwa di Kota Malang yang ditunjukkan dengan keinginan konsumen untuk kembali mengunjungi kedai Janji Jiwa di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan protokol kesehatan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penerapan protokol kesehatan yang dimaksudkan adalah penggunaan masker, penggunaan sarung tangan, pelindung wajah, dan penggunaan pakaian bersih dengan nilai koefisien determinasi 40,7%. Secara parsial, penerapan protokol yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah penggunaan masker dan penggunaan sarung tangan. viii Hal ini dikarenakan penggunaan masker dianggap lebih efektif dalam pencegahan COVID-19 dibandingkan dengan pelindung wajah. Selain itu, telah terdapat mika atau plastik pembatas di setiap kedai Janji Jiwa di Kota Malang yang membuat konsumen merasa nyaman meskipun tidak menggunakan pelindung wajah. Penggunaan sarung tangan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen karena konsumen menginginkan minuman yang dipesan bersih dan higienis serta karyawan tidak menyentuh bahan minuman langsung. Penggunaan pakaian bersih tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen dikarenakan hal ini tidak mengganggu konsumen karena pakaian bersih tidak berpengaruh langsung terhadap minuman yang dipesan pelanggan karena tidak langsung bersentuhan dengan bahan minuman dan virus COVID-19 memiliki kemungkinan sangat rendah menyebar melalui benda mati.