Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Pembayaran Uji Kendaraan Bermotor Menggunakan E-Money Di Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk
Main Authors: | Hastutik, Aprilia Puji, Dr. Fadillah Amin, M.AP, Ph.D., Dr. Drs. Siswidiyanto, M.S. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192169/1/0520030041-%20Aprilia%20Puji%20Hastutik.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192169/ |
Daftar Isi:
- Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk terus berusaha meningkatkan pelayanan yang mereka berikan agar masyarakat pengguna jasa pelayanan uji kendaraan bermotor semakin mudah dan cepat dalam memperoleh pelayanan. Untuk itu Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk menerapkan program pembayaran baru yaitu secara E-money yang bekerjasama dengan Bank Mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis program pembayaran melalui E- money, 2) Menganalisis respon masyarakat terkait sistem pembayaran E-money, (3) Menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap sistem pembayaran E- money yang diterapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dimana dalam penelitian kualitatif deskriptif wawancara dilakukan secara mendalam. Agar data yang diperoleh akurat dan dapat menjawab seluruh rumusan masalah yang telah dirumuskan sebelumnya. Metode penelitian kualitatif deskriptif dirasa cocok digunakan dalam penelitian ini karena penelitian ini berhubungan dengan kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk saat melakukan uji kendaraan bermotor. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan program E-money sudah cukup baik. Kerjasama yang baik antara Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk, Bank Mandiri dan masyarakat dapat membantu kesuksesan program pembayaran E-money ini. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk sebaiknya ditingkatkan lagi untuk sarana dan prasaran yang mendukung kenyamanan saat melakukan uji kendaraan bermotor. Ketepatan waktu saat melakukan uji kendaraan bermotor juga perlu ditingkatkan agar masyarakat pengguna jasa layanan tidak menunggu terlalu lama. Peningkatan teknologi juga diperlukan di Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk agar pelayanan yang diberikan semakin cepat. Sehingga tidak ada lagi praktek pungli yang terjadi saat melakukan uji kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk.