Pengaruh Online Store Image Terhadap Purchase Intention Di Toko Online Marketplace Abc

Main Authors: Nisa’, Alifatul, Prof.Dr.Ir. Djoko Koestiono, MS., Andrean Eka Hardana, SP., MP., M. BA.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192163/1/Alifatul%20Nisa%60.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192163/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha di pasar online adalah bagaimana memenangkan persaingan pasar online sementara produk yang dijual tidak dapat dinilai langsung oleh pengunjung. Tingginya aktivitas belanja online ditandai dengan peningkatan kegiatan belanja online di tahun 2021 sebesar 320% dibandingkan tahun 2020 (BPS, 2020) membuka peluang usaha di pasar online salah satunya di Marketplace ABC. Namun peningkatan persaingan antar peagang online juga terjadi karena munculnya pedagang-pedagang baru. Selain itu, persaingan ketat di pasar online seperti marketplace ABC hanya berjarak satu klik antar pedagang dimana pengunjung dapat dengan cepat berpindah dari satu toko online ke toko online lain dalam marketplace ABC. Guna menghadapi hal tersebut, penjual online perlu memberikan insentif kepada pengunjung toko melalui serangkaian atribut toko guna membentuk citra toko online yang positif. Pembentukan citra toko positif diharapkan mampu menarik minat beli pengunjung sehingga tujuan usaha dapat tercapai. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh online store image terhadap purchase intention di toko online Marketlace ABC. Objek penelitian adalah toko online yang ada di Marketplace ABC dengan menggunakan dimensi store image berupa e-merchandise, e-atmosphere, e- services, dan e-promotion. Penelitian dilakukan secara kuantitatif di antara bulan Juli-Agustus 2021. Metode penentuan responden pada penelitian dilakukan dengan teknin non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data pada penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner secara online menggunakan Google form kepada mahasiswa aktif agribisnis Universitas Brawijaya. Data hasil dari penyebaran kuesioner dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan bantuan software WarpPLS 7.0. Online store image merupakan konstruk second order sehingga analisis data dilakukan dengan dua tahap. Analisis pada tahap first order dilakukan untuk mengevaluasi indikator pada dimensi online store image yang berbentuk reflektif. Tahap pengukuran first order juga dilakukan untuk memperoleh skor yang nantinya dianalisis pada tahap second order untuk mengevaluasi pengaruh online store image terhadap variabel laten online store image dengan arah indikator formatif. Data hasil analisis akan menunjukkan secara deskriptif karakteristik responden pada penelitian yang dilakukan. Analisis kuantitatif dilakukan untuk menganalisis model pengukuran SEM-PLS untuk model pengukuran (outer model) dan model structural (inner model). Hasil analisis data menggunakan WarpPLS 7.0 menunjukkan bahwa indikator pada masing-masing dimensi online store image telah memenuhi kriteria uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis pada tahap second order untuk dimensi online store image menunjukkan bahwa seluruh dimensi online store image secara positif dan signifikan mengukur online store image di marketplace ABC. Dimensi e-merchandise menjadi dimensi terkuat yang mengukur online store image di marketplace ABC sebesar 32,5%. ii Hasil analisis jalur pada variabel laten online store image terhadap purchase intention menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara online store image terhadap purchase intention sebesar 48,9%. Berdasarkan hasil penelitian maka penjual di toko online marketplace ABC disarankan dapat memaksimalkan performa toko dengan mempertimbangkan dimensi online store image berupa e- merchandise, e-atmosphere, e-services, dan e-promotion untuk dapat menarik minat beli konsumen di toko online yang dimiliki. Penelitian sejenis di masa depan diharapkan dapat memperluas penelitian dengan menggunakan dimensi online store image yang lebih banyak dengan indikator yang yang beragam disesuaikan dengan jenis marketplace yang dipilih serta pengaruhnya terhadap aspek lain seperti keputusan pembelian aktual, kepuasan, atau loyalitas yang tidak dibahas pada penelitian ini.