Inovasi Pelayanan Kependudukan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Magetan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan

Main Authors: Ramadhani, Alvianto, Dr. Drs. Mochamad Rozikin, S.AP., M.AP., Dr. Ike Wanusmawatie, S.Sos., M.AP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192103/1/0520030025-%20Alvianto%20Ramadhani.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192103/
Daftar Isi:
  • Pelayanan publik di bidang kepedudukan merupakan kebutuhan masyarakat yang wajib diberikan oleh Pemerintah Daerah. Namun penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan masih mengalami berbagai permasalahan sehingga masyarakat kurang mendapatkan kualitas pelayanan yang baik dan maksimal. Kabupaten Magetan merupakan Daerah yang meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan melalui berbagai inovasi pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan inovasi pelayanan kependudukan serta berbagai faktor yang mempengaruhi inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan. Konsep inovasi yang berhasil merupakan kreasi dan implementasi dari proses, produk layanan dan metode pelayanan baru sehingga kualitas, efisiensi dan efektivitas dapat dirasakan oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan konsep tipologi inovasi yang membagi inovasi pelayanan publik ke dalam beberapa tipe inovasi dengan kriteria yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan mempunyai tiga inovasi yang mencangkup seluruh jenis pelayanan kependudukan yaitu BUKA LAPAK, JEMPOL dan PAK TUWA, namun hanya inovasi PAK TUWA yang masih dapat dianggap sebagai inovasi pelayanan kependudukan di Kabupaten Magetan dengan hanya menghubungi nomor Whats App PAK TUWA. Inovasi PAK TUWA didukung dengan sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia yang menunjang, kehandalan inovasi PAK TUWA terlihat dari ketepatan Waktu dan Biaya pelayanan kependudukan, kesigapan dan jaminan pelayanan kependudukan inovasi PAK TUWA terlihat dari Petugas yang berkompeten di bidangnya. Dalam pelaksanaan inovasi PAK TUWA terdapat berbagai faktor antara lain, faktor pendorong yaitu, Sarana dan Prasarana, Sumber Daya Manusia, Sumber Dana Keuangan dan faktor penghambat yaitu, kesadaran masyarakat masih rendah, masih banyak praktek Calo, adanya indikasi pungutan liar di tingkat Desa di Kabupaten Magetan. PAK TUWA adalah konsep inovasi yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat Kabupaten Magetan. Pelaksanaan inovasi PAK TUWA disarankan untuk lebih meningkatkan sosialisasi dan sarana prasarana serta memperluas jaringan kerjasama atau kemitraan sehingga dapat menekan praktek Calo.