Analisis Kemudahan Paylater dan Kepuasan Konsumen Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Shopee dan Gojek)

Main Authors: Putri, Yulia Kusuma Wardani, Vietha Devia SS,, S.E., M.E., Ph.D
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192059/1/YULIA%20KUSUMA%20WARDANI%20PUTRI.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192059/
Daftar Isi:
  • Kemudahan transaksi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan menciptakan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemudahan paylater (usia pengguna, suku bunga kredit, tenor pembayaran) dan tingkat kepuasan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Shopee dan Gojek. Metode penelitian menggunakan kuantitatif komparatif. Sampel penelitian sebanyak 96 pengguna e-commerce Shopee dan 96 pengguna e-commerce Gojek di Kota Malang yang telah menggunakan layanan paylater minimal 1 kali. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuisioner online melalui google forms dan dianalisis menggunakan uji Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kemudahan paylater dan kepuasan kosumen terhadap keputusan pembelian pada Shopee dan Gojek.