Pengaruh Technology Trust, Financial Literacy Dan Social Influence Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Di Indonesia)
Main Authors: | Adiyana, Santika, Yenny Kornitasari,, SE., ME |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191991/1/santika%20adiyana.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191991/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi yang pesat menghasilkan berbagai kemudahan bagi manusia untuk dapat melakukan berbagai macam kegiatan. Salah satu inovasi teknologi dari sektor perbankan ialah hadirnya layanan m-banking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui bagaimana pengaruh technology trust, financial literacy dan social influence terhadap minat nasabah untuk menggunakan m-banking. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dilakukan kepada nasabah bank di seluruh Indonesia melalui Google Form. Data diolah dengan menggunakan Principal Component Analysis (PCA) guna memperoleh variabel baru yang lebih sederhana. Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah Teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa technology trust berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan m-banking, dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti semakin tinggi technology trust maka semakin tinggi minat menggunakan m- banking. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel financial literacy berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan m-baking, dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti semakin tinggi financial literacy yang dimiliki maka semakin tinggi minat untuk menggunakan m-banking. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel social influence berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan m-baking, dibuktikan dengan nilai Sig. 0,009 < 0,05 ix yang berarti semakin tinggi social influence yang diterima semakin tinggi minat menggunakan m-banking