Pengaruh Persepsi Nilai Digital Terhadap Niat Penggunaan Kontinu Melalui Kepuasan Pengalaman Sebagai Variabel Mediasi Dan Demografi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pengguna M-Payment Di Dki Jakarta)

Main Authors: Putra, Ratyuhono Linggarnusantra, Prof. Dr. Ors. Margono,, SU., Ananda Sabil Hussein,, SE., M.Com., Ph.D., Dr. Ors. Agung Yuniarinto,, MS.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191951/1/RATYUHONO%20LINGGARNUSANTRA%20PUTRA.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191951/
Daftar Isi:
  • Perubahan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi produk ataupun jasa adalah hal yang umum terjadi seiring dengan perkembangan waktu, salah satunya adalah pada proses transaksi pembayaran di mana saat ini kita mengenal adanya teknologi Mobile Payment (M-Payment). Diterimanya teknologi ini dengan baik oleh masyarakat membuat banyak pihak berpartisipasi menjadi penyedia layanan M-Payment yang akhirnya membuat masyarakat dihadapkan pada berbagai pilihan. Keberadaan pengguna yang menggunakan secara kontinu adalah hal kritikal bagi keberlangsungan bisnis jangka panjang. Kondisi tersebut mendorong penelitian ini untuk mencari tahu preferensi pengguna M-Payment hingga ke tingkat kategori demografi agar strategi penyedia layanan M-Payment lebih akurat dan sesuai dengan segmen yang dituju. Peneliti juga melakukan kajian untuk mengembangkan konsep persepsi nilai pada aplikasinya di produk intangible, termasuk digital atau teknologi, yang memungkinkan timbulnya persepsi nilai yang berbeda. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu studi eksploratori untuk mengeksplor pengembangan konsep persepsi nilai dan studi eksplanatori untuk melihat hubungan antar variabel penelitian. Studi eksploratori dilakukan dengan melibatkan 18 peserta yang terbagi dalam 3 sesi FGD. Data kuantitatif didapatkan melalui perpaduan antara survei online dan langsung kepada pengguna M- Payment yang sehari-hari berkegiatan di DKI Jakarta dengan jumlah responden sebanyak 451 diambil secara purposive sampling. Data yang didapatkan diolah menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan ditemukannya konsep persepsi nilai digital yang merupakan pengembangan dari konsep persepsi nilai, di mana terdapat 6 dimensi yang terkonfirmasi menjadi dimensi dari konsep ini, dan sekaligus menyatakan adanya pengaruh signifikan dari persepsi nilai digital terhadap niat penggunaan kontinu, persepsi nilai digital terhadap kepuasan pengalaman, dan kepuasan pengalaman terhadap niat penggunaan kontinu. Hasil penelitian juga menunjukkan peran signifikan dari kepuasan pengalaman sebagai mediasi antara persepsi nilai digital dan niat penggunaan kontinu, serta peran moderasi yang signifikan dari jenis kelamin, status pernikahan, dan beberapa hubungan saja pada usia, sedangkan kelas ekonomi ditemukan tidak signifikan perannya sebagai moderasi di seluruh hubungan antar variabel.