Strategi Pengembangan Bisnis Sari Buah Nanas Dengan Pendekatan Business Model Canvas Dan Integrasi SWOT-AHP (Studi Kasus Pada UKM Murni Mandiri, Kabupaten Kediri)
Main Authors: | Bhamakerti, Ghiffary Uzla, Dr. Siti Asmaul Mustaniroh,, STP, MP., Wendra G. Rohmah,, STP, MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191912/1/GHIFFARY%20UZLA%20BHAMAKERTI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191912/ |
Daftar Isi:
- UKM Murni Mandiri adalah salah satu UKM di Kecamatan Ngancar yang memproduksi minuman sari buah nanas. Permasalahan yang terdapat pada UKM Murni Mandiri adalah kurangnya kepemilikan sertifikasi izin industri, penggunaan media pemasaran secara online yang belum optimal, dan kurangnya penggunaan teknologi pada proses produksi sehingga perlu melakukan perencanaan strategi usaha. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi model bisnis di UKM Murni Mandiri menggunakan pendekatan BMC dan selanjutnya dilakukan penyusunan alternatif strategi pengembangan usaha. Hasil penelitian menunjukkan BMC pada UKM Murni Mandiri mencakup 9 elemen. Prioritas alternatif strategi pengembangan usaha berdasarkan metode AHP yang pertama adalah mengoptimalkan pemasaran produk melalui media sosial dan e-commerce (WO1), selanjutnya meningkatkan jumlah mitra penjualan (ST1), pengembangan produk untuk menarik pelanggan (SO1), penggunaan mesin produksi secara otomatis (WO2), bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan keterampilan SDM serta pelatihan sertifikasi BPOM dan Halal (WO3), melakukan perbaikan strategi pemasaran (SO2), dan yang terakhir mengikuti program pinjaman (KUR) (WT1).