Hubungan Penggunaan Metode Telekonsultasi Pelayanan Kebidanan dengan Tingkat Kepuasan Klien Pada Masa Pandemi COVID-19 di Polindes Bandung Kabupaten Mojokerto

Main Authors: Rohmah, Al Idha Ulatu, Mega Ulfah, SST., M.Keb, Mergy Gayatri, SST., MSc.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191852/1/Al%20Idha%20Ulatu%20Rohmah.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191852/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Tingginya angka kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia yang mencapai angka 5.986.830 orang dengan rasio kematian sebesar 0,026% atau sebanyak sebanyak 154.343 orang per 2022 memberikan dampak yang cukup besar terhadap mobilisasi masyarakat terutama di bidang kesehatan (Kemenkes RI., 2022). Dampak dari kasus COVID-19 di Indonesia mendasari pemerintah membuat suatu kebijakan yang diatur dalam Permenkes RI No. 9 Tahun 2020. Adanya layanan kesehatan berbasis dalam jaringan sangat membantu masyarakat dalam mengurangi mobilisasi untuk melakukan konsultasi kesehatan terutama dalam pelayanan kebidanan. Penggunaan metode telekonsultasi dalam pelayanan kebidanan di masa pandemi COVID-19 ini akan berdampak pada kenyamanan dan kepuasan pasien. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode telekonsultasi pelayanan kebidanan dengan tingkat kepuasan klien pada masa pandemi COVID-19 di Polindes Bandung Kabupaten Mojokerto. Metode: Pengkajian observasional dengan studi analitik menggunakan data statistik cross sectional. Sampel ditunjuk dengan teknik simple random sampling sebanyak 55 orang ibu di Polindes Bandung Kabupaten Mojokerto yang sesuai dengan kriteria inklusi. Diukur dengan instrumen kuesioner dan dilakukan analisis data dengan menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 97,4% ibu merasa bahwa penggunaan metode telekonsultasi sudah sesuai dengan indikator penggunaan dan puas terhadap penggunaan metode telekonsultasi dalam pelayanan kebidanan di masa pandemi COVID-19 dengan hasil signifikansi p value 0,000. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara penggunaan metode telekonsultasi pelayanan kebidanan dengan tingkat kepuasan klien pada masa pandemi COVID-19 di Polindes Bandung.