Pengaruh Customer Engagement Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Equity Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Shopee Di Kota Malang)

Main Authors: Ningrum, Elzanty Dwi Kartika, (Moh.Erfan Arif,, SE., MM.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191802/1/Elzanty%20dwi.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191802/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan dan perkembangan e-commerce di Indonesia sangat pesat begitu pula dengan pertumbuhan internet. Penerapan teknologi komunikasi informasi yang bisa digunakan untuk menunjang sistem penjualan adalah e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan bagaimana customer engagement berpengaruh terhadap repurchase intention, bagiamana customer engagement berpengaruh terhadap customer equity, bagaimana customer equity berpengaruh terhadap repurchase intention, bagaimana customer engagement berpengaruh terhadap repurchase intention melalui customer equity. Jenis penelitian adalah penelitian kausalitas adalah penelitian yang disusun untuk meneliti kemungkinan adanya hubungan sebab-akibat antar variabel. Alat analisis yang digunakan adalah SEM (Stuctural Equation Modeling) yang dioperasikan melalui software SmartPLS (Partial Least Square). Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan non- probability sampling dengan metode purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan adalah 120 responden dengan ketentuan pernah menggunakan aplikasi shopee minimal dua kali, berusia lebih atau sama dengan 17 tahun dan merupakan masyarakat Kota Malang. Berdasarkan dari hasil pengujian terhadap keempat hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) variabel customer engagement memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap repurchase intention, (2) variabel customer engagement memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap customer equity, (3) variabel customer equity memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap repurchase intention, dan (4) variabel variabel customer engagement memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap repurchase intention dimediasi oleh variabel customer equity