Pengembangan Media Cadis (Catur Diskusi) Pada Pembelajaran Menyusun Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP
Main Author: | Masruroh, Luluk |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1917/1/Bagian%20Depan%20%281%29.pdf http://repository.ub.ac.id/1917/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/1917/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/1917/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/1917/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/1917/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/1917/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/1917/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran merupakan salah satu aspek yang mendukung dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, dikembangkan media pembelajaran pada pembelajaran menyusun teks ulasan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Malang dengan mempertimbangkan kebutuhan guru dan siswa. Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan, yaitu untuk menghasilkan produk berupa media CADIS yang inovatif dan kreatif digunakan pada pembelajaran menyusun teks ulasan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE terdiri atas lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Uji coba yang dilakukan terdiri atas dua tahapan, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Data penelitian ini berupa data angka dan deskripsi kalimat dari hasil wawancara, angket kebutuhan siswa, angket ahli materi, angket ahli media, angket praktisi ahli pembelajaran, dan angket respons siswa. Hasil analisis data pada pengembangan produk I diperoleh rata-rata persentase, kelayakan isi 73,75% kategori baik, penggunaan bahasa 62,5% kategori baik, dan kelayakan media 87,5% kategori sangat baik. Hasil analisis data pada produk II, kelayakan isi 95% kategori sangat baik, penggunaan bahasa 78,75% kategori baik, dan kelayakan media 97,5% kategori sangat baik. Hasil validasi produk III, kelayakan isi 95% kategori sangat baik, penggunaan bahasa 100% kategori sangat baik, dan kelayakan media 97,5% kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada tahap implementasi di kelas VIII H sebelum pengembangan diperoleh nilai rata-rata 73,87 dengan total siswa sebanyak 30 dan hasil belajar setelah pengembangan diperoleh nilai rata-rata 78,58 dengan total siswa sebanyak 28. Hasil keseluruhan analisis data mulai tahap pengembangan hingga implementasi media CADIS, menunjukkan kategori layak karena hasil persentase lebih dari 61%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media CADIS pada pembelajaran menyusun teks ulasan dinyatakan sangat baik dan layak.