Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Tingkat Stress Selama Belajar Online pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Brawijaya

Main Authors: Rosyidah, Lailatul, Ns. Kumboyono, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom, Ns. Endah Panca Lydia F, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.M.B
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191653/1/Lailatul%20Rosyidah.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191653/
Daftar Isi:
  • Salah satu kendala yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran daring adalah masalah psikologis seperti stress. Stress dapat dikendalikan dengan memperkuat social system seperti dukungan keluarga. Identifikasi tingkat stress dan dukungan keluarga dapat mempermudah mahasiswa dalam memperoleh dukungan keluarga untuk mengelola stress yang dialaminya sehingga fungsi sebagai mahasiswa dapat dioptimalkan. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat stress selama belajar online pada mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional dengan populasi sejumlah 180 mahasiswa Sarjana Keperawatan Universitas Brawijaya Angkatan 2021. Jumlah sampel yang digunakan adalah 124 mahasiswa yang diambil menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah Depression, Anxiety and Stress Scale 42 (DASS-42) dan dukungan keluarga. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dengan tingkat stress selama belajar online. Dukungan keluarga yang diperlukan mahasiswa selama pembelajaran online diantaranya dukungan emosional, penilaian, informasional dan instrumental. Dukungan keluarga yang baik akan meningkatkan rasa percaya diri, motivasi untuk menghadapi masalah yang terjadi meningkat sehingga dapat menurunkan stress yang dialami mahasiswa. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat stress selama belajar online. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa harus memahami pentingnya dukungan keluarga dalam menurunkan stress dan bagi penelitian selanjutnya dapat menghubungkan tingkat stress dengan faktor lainnya seperti motivasi belajar, eating disorder, dukungan teman sebaya dan sebagainya.