Suksesi Dalam Bisnis Keluarga (Studi Pada Bisnis Perlengkapan Militer Cv. Tumiran Kabupaten Tulungagung)
Main Author: | Zaki, Achmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191260/1/ACHMAD%20ZAKI.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191260/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses suksesi dalam perusahaan keluarga yang berjalan dengan baik, sehingga generasi penerus mampu mengembangkan perusahaan yang telah didirikan oleh generasi sebelumnya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan pada CV. Tumiran sebagai suatu bisnis perlengkapan militer di Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses suksesi pada CV. Tumiran tidak mengikuti model suksesi perusahaan keluarga yang dikemukakan oleh Bretton et al. dalam Susilo (2006), khususnya tahapan pertama dan tahapan kedua. Tahapan pertama yaitu pembangunan pondasi dan tahapan kedua yaitu pengembangan calon potensial oleh generasi sebelumnya tidak dilakukan oleh Bapak Tumiran sebagai generasi pertama. Tahapan suksesi yang berjalan pada CV. Tumiran adalah tahapan ketiga dan tahapan keempat. Tahapan ketiga yaitu proses seleksi calon generasi penerus perusahaan dan tahapan keempat yaitu menyerahkan seluruh kekuasaan kepada calon yang terpilih. Timbul konflik dalam proses pemilihan/penentuan pimpinan usaha, namun melalui rapat/musyawarah dengan seluruh anggota generasi kedua dan menghasilkan kesepakatan bahwa tiga dari enam anak Bapak Tumiran masuk ke dalam struktur organisasi CV. Tumiran, sedangkan tiga anak Bapak Tumiran yang lainnya mendirikan usaha sendiri namun masih dengan pengembangan CV. Tumiran. Proses suksesi pada CV. Tumiran mengikuti teori yang dikemukakan oleh Chittor & Das (2007) bahwa faktor-faktor yang menyebabkan suksesi bisnis keluarga menjadi lebih efektif adalah faktor yang terkait dengan pendahulu, faktor yang terkait dengan penerus, faktor yang terkait dengan keluarga, faktor yang terkait dengan bisnis, dan proses suksesi yang terkait.