Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Pasien di Klinik Gigi

Main Authors: Maghfiroh, Feren Syafrida Apriliani, drg. Merlya Balbeid,, M.MRS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191068/1/Feren%20Syafrida%20Apriliani%20Maghfiroh.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191068/
Daftar Isi:
  • Latar belakang: Kualitas pelayanan adalah semua kesan yang disampaikan oleh pelanggan terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh perusahaan atau pemberi jasa. Kualitas pelayanan mempunyai kaitan yang erat dengan hasil pelayanan Kesehatan. Dengan memberikan pelayanan yang berkualitas maka akan tercipta sebuah kepercayaan dari pasien. Kepercayaan pasien dapat diartikan sebagai keyakinan pasien bahwa pengelola pelayanan kesehatan akan bertindak sesuai dengan harapan mereka. Tujuan: untuk mempelajari kualitas pelayanan gigi dan mulut berdasarkan 5 dimensi yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati di klinik gigi serta mampu mengidentifikasi dan mempelajari jurnal yang terkait dengan kualitas pelayanan dan kepercayaan pasien di klinik gigi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 14 jurnal yang ditemukan namun hanya 10 jurnal yang sesuai dengan topik dan kriteria. Database yang digunakan untuk pencarian jurnal adalah MESH, google schoolar dan PubMed. Kesimpulan: kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepercayaan pasien di klinik gigi. Terdapat 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati. Dimensi kualitas pelayanan yang paling berpengaruh adalah jaminan, kemudian disusul dengan daya tanggap dan bukti fisik.