Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Agar-Agar Rumput Laut Merek ‘X’ Di Toko Ritel Modern Kota Malang Dengan Pendekatan Dinamika Sistem
Main Authors: | Izza, Fefrilia Rochmatul, Prof.Dr.Ir. Harsuko Riniwati, MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191038/1/FEFRILIA%20ROCHMATUL%20IZZA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191038/ |
Daftar Isi:
- Kepuasan konsumen merupakan prioritas utama yang harus dipenuhi oleh produsen yang bergerak dibidang bisnis khususnya pelaku ritel. Selain itu, para pelaku ritel harus menyadari terkait situasi yang ditujukan oleh konsumen ketika mereka menyadari bahwa kebutuhan dan keinginanya akan produk yang produsen jual sesuai dengan yang diharapkan serta terpenuhi secara baik, hal ini sangat penting untuk diketahui para produsen khususnya pelaku ritel agar usahanya tetap berjalan. Kegiatan yang dilakukan dalam bisnis ritel adalah menjual berbagai produk, jasa, atau keduanya kepada konsumen untuk keperluan konsumsi pribadi maupun bersama, dengan demikian ritel adalah kegiatan terakhir dalam kegiatan distribusi yang menghubungkan produsen dengan konsumen. Bisnis pada ritel modern tidak lepas dari produk yang merupakan sekumpulan atribut fisik nyata yang terakit dalam sebuah bentuk yang dapat diidentifikasikan. Kualitas produk yang bagus akan memberikan kepuasan konsumen, salah satu kualitas produk yaitu kandungan dari produk itu sendiri. Produk agar-agar rumput laut merek ‘X’ memiliki kandungan energi agar-agar rumput laut merek ‘X’ sebesar 20kkl dan karbohidrat 8g, kandungan produk agar-agar rumput laut merek ‘X’ lebih rendah dari pada produk sejenis, dengan logo burung wallet dan globe serta kemasan kuningnya sudah ada sejak 40 tahun lalu dan bertahan hingga sekarang serta menjadi pelopor agar-agar di indonesia. Penelitian yang dilakukan peneliti bertujuan untuk menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap pembelian agar-agar rumput laut merek ‘X’ di toko ritel modern Kota Malang. Menganalisis model Dinamika Sistem dari kepuasan konsumen agar-agar rumput laut merek ‘X’ di toko ritel modern Kota Malang. Menganalisis sensitifitas faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer berupa kuisioner dengan analisis deskriptif kuantitatif. Selanjutnya di validasi dengan uji valitidas dan uji reliabilitas menggunakan IBM statistic SPSS. Metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan dinamika sistem dengan software vensim dan stella. Metode dinamika sistem biasa digunakan untuk sistem prediksi dan pembuatan kebijakan baru terkait hasil prediksi. Pembuatan dinamika sistem diawali dengan membuat konsep dari sistem nyata yang berisikan variabel-variabel yang saling berhubungan timbal balik menggunakan Causal Loop Diagram (CLD) kemudian membuat stock flow diagram (SFD) yang merepresentasikan hubungan antara variabel-variabel yang sudah diidentifikasi. Kemudian dilakukan uji sensitivitas secara fungsional untuk mengetahui variable mana yang berpengaruh dan tidak berpengaruh jika variable tersebut nilainya di naikkan dan di turukan sebesar 50%. Hasil analisis faktor utama yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah tingkat kenyamanan, antrian pelanggan, peningkatan kualitas produk, dan keluhan konsumen. Tingkat kenyamanan dan antrian pelanggan mempengaruhi secara positif terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan, pengingkatan kualitas produk dan keluhan konsumen tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.v Berdasarkan model yang dibuat dalam bentuk Stock dan Flow Diagram dapat diketahui hubungan antara Kepuasan konsumen dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dimana Kepuasan konsumen dengan variabel tingkat kenyamanan dan antrian pelanggan berbanding lurus sehingga apabila tingkat kenyamanan dan antrian konsumen meningkat maka Kepuasan konsumen akan meningkat pula. Sedangkan, pada variabel peningkatan kualitas produk dan keluhan konsumen tidak mempengerahui. Hasil uji sensitivitas variabel persepsi kualitas, jumlah pengunjung, persediaan produk, harga, dan loyalitas konsumen terhadap kepuasan konsumen memiliki sensitivitas yang tinggi. Sedangkan, hasil uji sensitivitas variabel citra merek dan kebersihan memiliki sensitivitas rendah. Pemilik usaha ritel modern berdasarkan hasil penelitian ini untuk meningkatkan kepuasan konsumen produk agar-agar rumput laut merek ‘X’ dengan meningkatkan kualitas produk karena belum mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen bisa dilakukan seperti inovasi produk. Mempertahankan kinerja kenyamanan dan antrian pelanggan dengan menjaga kenyamanan konsumen saat berbelanja dan menambah units pada antrian pelanggan. Sehingga, akan meningkatkan kepuasan konsuem. Bagi pemerintah bisa menjaga stabilitas harga bahan baku seperti rumput laut dan menjaga volume produksi agar tidak terjadi kelangkaan bahan baku agar-agar rumput laut merek ‘X’. Memberikan alternatif-alternatif strategi dari sensitivitas model demi meningkatkan ritel modern seperti pemberian pinjaman modal bagi ritel modern. Penelitian lain dengan topik yang sama diharpkan mampu melakukan penelitian yang sama dengan variabel yang berbeda karena masih minimnya literasi penelitian terkait kepuasan konsumen dengan dinamika sistem.