Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Pada Industri Kecil Menengah (Ikm) Roti Di Kabupaten Ponorogo
Main Author: | Dahana, Raiza Nora |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191029/1/RAIZA%20NORA%20DAHANA.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191029/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh inovasi produk, orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran; menguji pengaruh inovasi produk dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Sampel pada penelitian ini adalah 69 pemilik industri kecil menengah Roti di Kabupaten Ponorogo yang sudah pernah melakukan inovasi pada produknya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling. Teknik analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian didapatkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif secara langsung terhadap kinerja pemasaran; orientasi kewirausahaan berpengaruh positif secara langsung terhadap kinerja pemasaran; inovasi produk berpengaruh positif secara langsung terhadap keunggulan bersaing; orientasi kewirausahaan berpengaruh positif secara langsung terhadap keunggulan bersaing; keunggulan bersaing berpengaruh positif secara langsung terhadap kinerja pemasaran; inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing; orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing berperan sebagai variabel mediasi parsial.