Determinan Daya Saing Umkm: Studi Empiris Industri Fashion Di Kota Bandung

Main Authors: Zaini, Arrafif Pratama, Dias Satria,, SE.,MS., M.Ec.Dev., Ph.d
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191016/1/arrafif%20pratama.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191016/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing UMKM melalui tiga aspek utama, yang meliputi penggunaan teknologi pada bidang pendanaan dan sistem pembayaran, serta faktor adanya akses informasi yang didapatkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kuantitafi dimana data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui Penyebaran kuesioner dalam skala likert pada para pelaku UMKM pada bidang industri fashion di Kota Bandung. Data yang didapatkan diolah dalam rangkaian analisis deskriptif untuk mengetahui persebaran serta distribusi frekuensi dari data yang diperoleh. Kemudian dilakukan pengujian outer dan inner model menggunakan program PLS untuk mengetahui validitas, reliabilitas dan koefisien pengaruh antar variabel serta indikatornya. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perilaku berbagi informasi serta penggunaan teknolo pada sistem pembayaran (payment gateway) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan daya saing UMKM pada bidang indsutri fashion di Kota Bandung