Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Franchise Ngikan

Main Authors: Alhadi, Arnel, Lina Asmara Wati, S.Pi., M.P., M.B.A.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190992/1/ARNEL%20ALHADI.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190992/
Daftar Isi:
  • Saat ini banyak bisnis pengolahan perikanan yang berkembang. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan akan produk olahan perikanan. Permintaan akan produk perikanan semakin meningkat dengan semakin meningkatnya pula strategi pemasaran yang dilakukan. Salah satunya seperti promosi yang menjadi penting untuk memperkenalkan produk perikanan pada konsumen. Promosi yang efektif akan menentukan diterima atau tidaknya oleh konsumen sehingga terjadi proses pengambilan keputusan pembelian. Di era digital inipun media sosial dijadikan sarana dalam melakukan promosi suatu produk usaha. Dikarenakan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh promosi melalui media sosial instagram terhadap keputusan pembelian pada usaha franchise Ngikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis tahapan pertimbangan konsumen mengenai keputusan dalam membeli produk Ngikan. (2) Menganalisis tingkat pengaruh promosi Usaha Franchise Ngikan di media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner dan data sekunder dari studi literatur, internet, dan data perusahaan. Penentuan populasi merupakan konsumen yang sekaligus pengguna aktif media sosial instagram. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Tahapan Keputusan Pembelian, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Uji Model. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas dan Uji Heteroskedastivsitas. Uji Model yang digunakan adalah uji R2, Uji t, dan Uji F. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah adanya tahapan pembelian yang dilakukan oleh konsumen Ngikan yang diantaranya pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, pengevaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian yang memiliki berbagai indikator dengan perolehan hasil yang berbeda. Gambaran promosi melalui media sosial Instagram yang dilakukan Ngikan dapat diketahui berdasarkan hasil kumulatif tanggapan respoden, semua dimensi secara parsial memberikan pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian, namun hanya variable X1 dan X2 yang secara parsial terdapat pengaruh signifikan terhadap Y. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan serta dapat digunakan sebagai referensi untuk diadakannya penelitian yang lebih mendalam. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan agar dapat dijadikan sebagai acuan bagi Ngikan dan pelaku usaha dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi